MotoGP 2018 Argentina: Hujan Kacaukan Situasi, Miller Menangi Perjudian

Minggu, 08/04/2018 13:04 WIB

mobilinanews (Argentina) - Hujan yang mengguyur Sirkuit Termas de Rio Hondo membuat sesi latihan terakhir dan kualifikasi GP Argentina berlangsung lebih pada adu untung dan nyali ketimbang adu teknologi dan skill.

Seperti biasanya,  para pembalap papan atas yang mengincar trofi kejuaraan terkesan ogah ambil resiko dalam situasi demikian.

Maka, tak terlalu mengherankan jika 3 pembalap front row pada race Minggu (8/4) adalah nama-nama yang bukan pelanggan starting grid baris depan.

Jack Miller yang baru musim ini membesut Ducati dalam tim satelit Pramac, sukses meraih pole dengan cara benar-benar nekat dan cenderung berjudi.

Ia ganti ban pada jenis slick di akhir sesi Q2 saat lintasan mulai kering di beberapa bagian. Sejumlah pembalap lain lakukan taktik sama, tapi rider Australia itu yang paling berhasil

mempraktekkannya meski beberapa kali nyaris crash sebelum cetak best time pada detik terakhir kualifikasi. Dua nama yang menyertainya di baris depan adalah Dani Pedrosa (Honda) dan Johann Zarco (Yamaha Tech3).

"Ini memang perjudian besar menggunakan slick sementara banyak bagian masih basah. Tapi, saya paham benar bagian mana yang basah namun punya grip yang bagus pada ban berdasarkan pengalaman Pawi ( Idham Pawi) saat menjuarai Moto3 2016 di sini," kata Miller menyebut pembalap Malaysia itu yang memilih slick saat lintasan basah dan kering sebagian namun akhirnya menang dengan keunggulan 20 detik lebih.

Ini pole perdana Miller di kelas primer dan pole kedua Australia sejak Casey Stoner pada musim 2012.

Marc Marquez yang meraja saat lintasan kering ajan start dari urutan 6 sementara penantangnya di kejuaraan dunia, Andrea Dovizioso, berada di grid 8. Dovi sendiri harus berjuang dari Q1. Di belakang Dovi ada Maverick Vinales. Cal Crutchlow, Valentino Rossi dan Andrea Iannone. 

Menarik menunggu bagaimana nama-nama tenar itu akan merapat ke baris depan dimana para rider medioker macam Miller, Pedrosa, Zarco, Tito Rabat, dan Alex Rins berada. (andro)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo