Kelas Executive Grasstrack Balipat Miliki Daya Pikat Tersendiri

Rabu, 18/04/2018 09:09 WIB

mobilinanews (Binuang) - Nama Balipat kini semakin identik dengan kegiatan balap. Jika selama ini dikenal karena memiliki sirkuit balap motor, sekarang tambah terkenal sejak kehadiran sirkuit grasstrack. Lokasi kedua sirkuit pun berdampingan.

"Persis setahun lalu Sirkuit Balipat di Binuang Tapin dibangun. Sekarang ajang kedua Balipat Open Grasstrack Championship diadakan," buka Husairi Padlan, Humas Panitia yang lebih akrab disapa Haji Oesay.

Ternyata ada 3 Pengusaha Daerah berada di belakang pembangunan sirkuit. Ketiga Perusahaan Terbatas itu, Batu Gunung Mulia (BGM), Harapan Binuang Muda (HBM) dan Binuang Mitra Bersama (BMB). Punya sirkuit tentunya harus ada tim balap. Ketiganya melebur dalam tim HRVRT-BGM-HGM-IKM Binuang, Kalsel.

Sebanyak 140 starter tampil sepanjang Sabtu dan Minggu (14-15/4/18). Balapan yang digelar Rimvi Motor Club (RMC) disaksikan ribuan penonton antusias.

"Design sirkuit dibangun bertingkat, memudahkan penonton menyaksikan pembalap beraksi dari posisi lebih tinggi," jelas H. Syamsul Khair, Ketua RMC.

Aksi crosser di kelas Senior menjadi yang ditunggu penonton. Hermanto, pembalap andalan tuan rumah dari Haji Rihan Variza Racing Team (HRVRT) Kelas Executive Grasstrack Balipat Miliki Daya Pikat menjadi idola. Crosser dengan nomor start #4 ini pun tampil maksimal di depan penggemarnya.

Hermanto yang membela tim HRVRT-BGM-HGM-IKM menguasai kelas Bebek 4 Langkah Modifikasi 110cc Senior. Hakim Uka-Uka dari Banjarbaru, Kalsel dan Taufik Akbar dari Tamiang Layang, Kalteng harus mengakui keunggulan lawan.

Hermanto kembali podium pertama di kelas Bebek 2 Langkah Standar 110cc Open. Di belakangnya menyusul Rully CP asal Pagatan dan Heri Ipriansyah dari Rantau. Akhirnya Hermanto dinobatkan sebagai Juara Umum dan memboyong hadiah utama satu unit sepeda motor anyar.

Tak kalah serunya kelas Executive. Mantan crosser menjadi gatal turun ke sirkuit. Termasuk Haji Rehan, owner tim HRVRT. Pengusaha muda Binuang ini adalah mantan crosser yang juga dikenal atlet slalom dan speed offroad.

Akhirnya, Haji Rihan menguasai kelas Executive dan naik podium pertama. Posisi selanjutnya ditempati Yofi dari Rindam, Andar dari SART IKM4B dan Rudy Pedhax dari Monster Pemburu, serta Rozi, satu tim dengan Haji Rihan.

Secara umum, event berlangsung sukses, aman dan ramai. Sirkuit Balipat memang menjadi magnet balap bagi masyarakat sekitar. Tak hanya itu, peserta dari berbagai provinsi di pulau Borneo pun berdatangan.

Siplah! (bangve)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060