Keren, IOX Aceh Gelar Diklat Sertifikasi Nasional Offroad

Kamis, 26/04/2018 14:34 WIB

mobilinanews (Banda Aceh) - Indonesia Offroad eXpedition (IOX) Aceh Chapter mengadakan Diklat Sertifikasi Kompetensi Nasional Offroad. Acara yang digelar di Kryad Muraya Hotel Aceh di Kawasan Simpang Lima Banda Aceh pada Kamis (26/4/18) antusias diikuti offroader.

Ada 21 peserta yang datang dari dua provinsi dari Kepulauan Riau dan Aceh yang hadir dari Kabupaten/Kota. Salah satunya Eko Arief Pribadi dari RaoN Adventure Aceh.

"Diklat ini perlu untuk menambah wawasan di dunia offroad. Penting juga buat legalitas sebuah event," ungkap Eko yang lebih sering menggelar event adventure trail.

Seperti diketahui, wajib bagi penyelenggara event offroad memiliki Sertifikasi Kompetensi Nasional yang dikeluarkan IOF (Indonesia Off-road Federation). Tanpa itu, jangan harap izin penyelenggaraan event diberikan IOF.

Diklat dibuka Hendrik Badu, Wakil Ketua IOF Pusat Bidang Diklat dan Litbang. Juga hadir Ketua IOF Pengda Aceh, M Nasir, dan Ketua Pengcab Banda Aceh, Adnan Yacob yang memberi apresiasi begitu besar pada IOX Chapter Aceh.

Selain itu, mengingat sertifikasi roda dua (2x1) baru yang kedua dilaksanakan di Indonesia, setelah Manado bulan Maret lalu. 

Ada 3 pembicara hadir. Hendrik Badu dari Jakarta, Jokowi asal Yogyakarta dan alex Musni Haffas dari Aceh. Jokowi sebagai Instruktur khusus Roda Dua dan Musni Haffas yang lebih akrab disapa Alex selaku Instruktur iof Regional Sumatera.

Kebetulan Alex juga Ketua IOX Aceh Chapter yang menggelar event ultimate tahunan terbesar di Aceh  yakni IOX Seulawah eXpedition (SEX) 3. Ajang ekspedisi offroad ini berlangsung selama 5 hari nonstop, dari Jumat (27/4) sampai Selasa (1/5).

"Sekalian kita adakan Diklat Roda 2 dan Roda 4. Kesempatan baik bagi offroader karena dalam 4 tahun terakhir hanya ada 2-3 kali," ulas Alex.

Secara umum, Sertifikasi dibuat bertingkat sesuai fungsi dan tugasnya. Paling tinggi C1 untuk Instruktur, Ahli atau Nara Sumber di bidang event yang memahami semua aturan dan regulasi. Di bawahnya ada C2 sampai C7.

"Kali ini kita buka diklat untuk kategori C2 dan C3," lanjut Alex. C2 yaitu bagi Technical Delegate, Juri atau Pengawas. Sedangkan C3 buat Event Director atau Pimpinan Perlombaan. Sebuah kesempatan berharga. (bangve)

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman