Tips Jitu Beli Kendaraan Selama IIMS 2018

Kamis, 26/04/2018 22:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Gelaran pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 memang menjadi momen yang paling ditunggu konsumen untuk mendapatkan mobil idaman mereka. Beberapa hal yang menjadi alasan adalah banyaknya promo menarik yang diberikan oleh semua brand otomotif.

Terlalu banyak pilihan terkadang juga membuat kita bingung untuk menentukan produk mana yang ingin dibeli. Karena itu dibutuhkan beberapa tips agar anda bisa mendapatkan kendaraan yang benar-benar sesuai dengan keinginan.

1. Perhatikan kebutuhan

Perhatikan dulu, apa kebutuhan Anda membeli mobil. Dari situ baru bisa dilihat, mobil jenis apa yang akan dipinang.

2. Perhitungkan budget

Budget jadi krusial karena menyangkut rencana keuangan jangka panjang Anda, apalagi jika beli lewat cara kredit. Targetkan batas maksimal harga mobil supaya tidak melewati kemampuan keuangan Anda.

3. Cari data awal

Di era gadget saat ini sangat mudah mencari data awal mengenai kendaraan yang masuk dalam wishlist. Selain harga, Anda juga bisa cek spek dan fiturnya. Bahkan di kanal YouTube banyak review mengenai mobil baru.

4. Jangan keburu nafsu

Biasanya ada beberapa merek mobil atau motor yang menjadi kandidat. Jangan langsung menetapkan pilihan pada merek pertama yang dilihat. Kumpulkan info sebanyak-banyaknya dari tenaga penjual untuk direview.

5. Cek toko sebelah

Lakukan window shoping ke stand merek lain yang menjual mobil sejenis mobil incaran. Kumpulkan data sebanyak-banyaknya sebagai pembanding dengat toko sebelah.

6. Test drive & test ride

Ajang pameran besar seperti IIMS 2018 menyediakan area test drive dan test ride supaya Anda bisa merasakan langsung mobil yang masuk dalam daftar incaran. Manfaatkan waktu yang ada untuk menilai secara lebih obyektif mobil atau motor tersebut.

Sesi test drive dan test ride merupakan momen yang sangat penting untuk menentukan apakah Anda berminat membelinya. Ini karena besarnya nilai yang harus Anda keluarkan untuk membeli dan mobil itu kelak bakal jadi ‘teman hidup” Anda di jalan. So, pastikan Anda bisa merasa nyaman dengannya.

7. Komparasi data

Selesai tahap di atas, Anda bisa melakukan komparasi data mobil yang ingin dibeli, termasuk perhitungan cicilan jika kredit. Di IIMS 2018, Anda bisa melakukannya sembari menikmati kuliner di area food court. Di sana ada warung kuliner Markobar dan Sang Pisang milik putra Presiden Joko Widodo.

8. Nego ulang dengan tenaga penjual

Setelah merasa yakin dengan mobil yang diincar, kembali lakukan negosiasi dengan tenaga penjual. Kalau Anda serius, biasanya mereka akan memberikan tambahan benefit yang bisa didapatkan. Nah selamat mencoba. (iims/adr)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!