Untuk ke-6 Kalinya, Suzuki Kembali Jadi Sponsor Utama AFF Suzuki Cup 2018

Rabu, 02/05/2018 16:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Turnamen sepakbola paling prestisius se-Asia Tenggara, Piala AFF (ASEAN Football Federation) Cup akan kembali digelar tahun ini tepatnya pada tanggal 8 November hingga 10 Desember 2018 mendatang. 

AFF 2018 merupakan yang keenam kalinya bagi Suzuki menjadi sponsor utama. Pengundian grup digelar hari ini, Rabu (2/5) di Hotel Mulia, Jakarta. 

"Tahun ini merupakan keenam kalinya Suzuki menjadi sponsor utama AFF Suzuki Cup 2018, hal ini merupakan bukti komitmen kami dalam berkontribusi mendukung perkembangan sepakbola di ASEAN, khususnya di Indonesia. Kami berharap pengundian grup hari ini dapat menjadi motivasi para peserta AFF Suzuki Cup untuk mempersiapkan kemampuannya untuk bersaing sehat sehingga dapat mengembalikan gelora AFF Suzuki Cup 2018  kepada masyarakat, terutama pendukung timnas Indonesia agar Indonesia bisa menjadi juara,” ujar Seiji Itayama, Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat pengundian grup. 

AFF Suzuki Cup 2018 akan kembali diramaikan oleh 10 negara Asia Tenggara. Tahun ini sedikit berbeda, karena panitia menerapkan sistem kandang dan tandang (home and away) yang mulai berlaku pada babak penyisihan, sehingga seluruh negara peserta menjadi tuan rumah selama AFF Suzuki Cup 2018 berlangsung. 

AFF Suzuki Cup 2018 juga menghapus sistem kualifikasi dengan menambah satu negara peserta di putaran final menyusul negara lain dengan peringkat tinggi seperti Thailand, Indonesia Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Laos, dua negara dengan peringkat AFF terendah seperti Timor Leste dan Brunei Darussalam harus memperebutkan satu tiket melalui partai play off yang akan dilaksanakan pada bulan September 2018. 

Lebih lanjut, dua tim terbaik dari grup A dan grup B akan maju ke semifinal dan memainkan dua babak kandang-tandang sampai partai final.

Piala AFF pertama kali digelar pada tahun 1996 di Singapura dan pada Piala AFF tahun 2004 mulai mengadopsi sistem baru dimana partai final digelar dalam dua laga kandang dan tandang untuk mempopulerkan kejuaraan ini. Pada tahun 2008, Suzuki berpartisipasi sebagai sponsor utama Piala AFF dengan Indonesia sebagai tuan rumah kala itu. Dalam waktu sepuluh tahun dengan dua belas kali penyelenggaraan, Suzuki konsisten mensupport Piala AFF sebanyak enam kali. (adri) 

TERKINI
Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 BYD Resmi Meluncurkan Sea Lion 07: SUV Pesaing Tesla Model Y