Nunukan Trail Community, Tiada Hari Tanpa Kawan Baru

Kamis, 10/05/2018 20:45 WIB

mobilinanews  (Nunukan) - Pulau Nunukan merupakan pulau terluar di sebelah timur laut Kalimantan. Secara administratif merupakan bagian dari Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Posisinya berada di perbatasan dengan Negara Bagian Sabah, Malaysia. Siapa sangka komunitas trail cukup banyak di sana.

Meski Kalimantan Utara baru 5 tahun belakangan otonomi dari Kalimantan Timur, namun dibarengi kelahiran Nunukan Trail Community (NTC).

"Kami sudah berdiri sejak 5 tahun lalu seiring dengan adanya provinsi Kaltara," buka Anang Iswanto, Ketua NTC sekaligus pendiri.

Komunitas yang sering mangkal di Kafe Sweetness ini telah memiliki anggota sebanyak 80 riders. Profesi members pun beragam.

"Tapi 90 persen itu Pejabat, Polisi atau PNS, sisanya Pengusaha," beber Anang yang mengandalkan Yamaha YZ 125 modifikasi dengan engine Ninja 125.

Karena kebanyakan terdiri dari pejabat dan aparat, serta berada di perbatasan, maka sering terjadi pergantian pejabat baru. Pindah tugas atau mutasi menjadi hal biasa di pulau Nunukan seluas 226 Km².

"Makanya ada motto, Tiada Hari Tanpa Kawan Baru," ungkap Anang, Ketua NTC pertama hingga sekarang.

Termasuk Kapolres Nunukan yang baru bertugas, AKBP Jepri Yuniardi, SIK. Virus nikmatnya naik trail mulai menjangkiti. Maka disiapkanlah sebuah hajatan "Bhayangkara Trail Adventure" yang menjadi ajang Trabas Pulau Nunukan pada Sabtu, 12 Mei 2018.

Sejatinya kegiatan ini dalam rangka Hari Bhayangkara yang diperingati setiap 1 Juli. Slogannya yakni Menjalin Sinergi TNI/Polri Dengan Masyarakat.

"Cuma event kita majukan jadwalnya karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan," sebut Anang, penyuka offroad roda dua dan empat berusia 47 tahun.

Bagi NTC, ini bukanlah event pertama. Setiap tahun selalu menggelar kegiatan serupa. Tahun 2018 menjadi tahun kelima mengadakan agenda trail adventure.

"Karena berada di kepulauan terluar, peserta tak banyak, berkisar 200an rider," sebut Anang.

Yaps! Jumlah segitu cukup banyak untuk peserta di sebuah pulau. Menariknya, peserta tak dipungut uang pendaftaran.

Bahkan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor tetap disediakan untuk menjadi penyemangat rider. Beragam hadiah elektronik pun tersedia.

Bagi peserta yang butuh informasi, tinggal hubungi 08115378799. Yang pasti, lokasi start dimulai dari Tugu Dwikora dan finish di Mako Polres Nunukan. Meski jarak tempuh sekitar 60 km, namun bakal ditempuh dari pagi hingga sore.

Ayo gabung! (bangve)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman