Jenis Mobil SUV dan MPV Mendominasi Tren Penjualan, Tendensinya Naik

Jum'at, 11/05/2018 13:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Melewati kuartal pertama 2018, tren penjualan mobil punya tendensi naik dibanding periode sebelumnya. 

Mengacu data transaksi Mandiri Tunas Finance (MTF) selama IIMS 2018 kemarin, mampu mencatatkan 2.530 Surat pemesanan Kendaraan atau SPK. 

Pencapaian ini membuktikan kondisi makro ekonomi di Indonesia masih kondusif dan MTF optimistis penyaluran pembiayaan kendaraan hingga akhir tahun 2018 akan tercapai.

“Dari jumlah SPK tersebut, 36,48% adalah mobil tipe SUV, kemudian 34,55% adalah mobil tipe MPV, disusul oleh 18,42% low cost green car (LCGC), 5,57% hatchback, dan sisanya 2,69% sedan, 1,58% pick up, dan 0,71% moge,” jelas Harjanto Tjitohardjojo, Direktur MTF dalam keterangan persnya. 

Ia memprediksi tren pembelian kendaraan masih cukup kuat karena didukung kondisi makro ekonomi yang relatif stabil dan kondusif. 

Di lain tempat, PT. Honda Prospect Motor (HPM) mewakili pabrikan juga mencatatkan kenaikan penjualan yang cukup signifikan. 

Selama IIMS 2018, Honda HR-V menjadi kontributor terbanyak kedua bawah Honda Brio, disusul oleh duet edisi spesial Honda Mobilio dan penyegaran Honda BR-V. Total penjualannya sebanyak 3.661 unit. 

“Seperti halnya tren untuk Honda di awal tahun ini, Honda Brio dan Honda HR-V juga menjadi produk Honda yang paling laris sepanjang pameran ini,” ungkap Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM dalam keterangan persnya pada IIMS lalu.

“Kami percaya hasil di IIMS ini akan menjadi penyegar bagi pasar pada semester pertama dan mendorong tren yang positif tahun ini,” lanjutnya. 

Mengacu data Gaikindo, pada triwulan I 2018 total penjualan kendaraan bermotor pada Januari-Maret 2018 mencapai 291.920 unit.

Meningkat hampir 3 persen dibanding periode yang sama sebesar 283.760 unit. (anto) 

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik