Tips Mudik Untuk Anda yang Membawa Bayi

Minggu, 13/05/2018 02:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Memasuki bulan Ramadhan, masyarakat Indonesia biasanya tidak hanya mempersiapkan kebutuhan puasa saja, namun planing mudik pun sudah disusun sejak jauh-jauh hari bahkan sebelum puasa tiba. 

Maklum saja, tingginya permintaan tiket saat arus mudik membuat mayoritas masyarakat sudah hunting tiket pulang kampung sejak beberapa minggu bahkan beberapa bulan sebelum lebaran tiba. 

Mudik bisa saja menyenangkan jika tidak ada beban. Namun, lain halnya untuk keluarga kecil atau yang membawa bayi saat mudik. Tentunya kondisi ini tidak bisa dianggap remeh. 

Beberapa orang memilih tidak mudik ketika mereka sadar terlalu beresiko untuk membawa bayinya dalam perjalanan jauh, akan tetapi tak sedikit pula yang harus memboyong bayinya ke kampung halaman karena tidak punya pilihan lain. 

Dalam merencanakan mudik, pertama tentu anda harus menentukan transportasi yang akan dipilih seperti mobil, pesawat atau kereta api. Untungnya saat ini beberapa moda transportasi juga sudah concern terhadap kenyamanan dan kesehatan bayi. Karena itu, wajib bagi para orang tua memahami aturan dan prosedur kenyamanan di setiap jenis transportasi yang anda pilih. 

Mudik membawa bayi mungkin akan lebih efektif dan nyaman kalau anda memilih naik pesawat. Selain menghemat waktu, anda juga bisa meminimalisir budget karena durasi perjalanan yang singkat dan anda pun juga bisa mencari tiket pesawat murah.

Namun, akan lain ceritanya bila anda membawa kendaraan pribadi. Setidaknya anda harus mempersiapkan fisik dan keuangan karena pasti akan memakan waktu lama plus macet, dan harus sering menepi saat ingin istirahat, makan, atau buang air. 

Tapi jangan terlalu khawatir, semuanya akan baik-baik saja jika anda sudah mempersiapkan perjalanan secara matang meski membawa bayi. Persiapan yang paling basic adalah perlengkapan umum seperti pakaian, makanan, obat-obatan dan lainnya. Anda juga dituntut untuk mempersiapkan segala sesuatu agar si kecil tak rewel diperjalanan. 

Berikut tips mudik dengan masing-masing pilihan transportasi: 

Mobil Pribadi

Yang paling utama anda harus mendapat persetujuan dari dokter untuk membawa bayi berpergian jauh. Jika sudah mendapat izin dokter jangan lupa perlengkapan paling penting adalah dengan membawa kursi bayi (baby seat). Hal ini dapat membuat bayi nyaman dengan ukuran dan posisi yang benar. Beberapa baby seat saat ini umumnya telah memenuhi standar keamanan yang cukup baik. 

Selain itu, perhatikan kaca mobil. Pastikan kaca mobil anda sudah dilapisi kaca film berkualitas yang dapat menghindari kulit dan mata bayi dari paparan sinar matahari secara langsung. Pastikan mobil anda selalu dalam keadaan sejuk, sehingga bayi tidak rewel karena kepanasan. 

Orang tua juga harus ekstra sabar dan ekstra perhatian untuk terus membuat bayi ceria sepanjang perjalanan. Tak hanya bayi, kesehatan ibu juga harus dijaga dan diperhatikan. Karena itu jangan terlalu memaksakan jika Anda dan keluarga sudah merasa lelah atau bayi sudah rewel. Menginap dan beristirahat di hotel juga disarankan agar keesokan harinya anda sekeluarga kembali segar dan fit. 

Pesawat

Jika anda mudik menggunakan pesawat dan sang ibu masih menyusui, maka ini merupakan kondisi yang menguntungkan bagi Anda. Untuk menghindari tekanan pada telinga bayi yang bisa membuat rewel, ibu dapat menyusui saat pesawat akan lepas landas atau mendarat. Selain itu sediakan headphone untuk menutup telinga bayi dari tekanan ketinggian. 

Demi kenyamanan, jangan membawa barang terlalu banyak. Simpan satu tas yang berisi keperluan pokok bayi seperti makanan, popok, mainan, dan keperluan lainnya di bawah tempat duduk ibu agar mudah dijangkau sewaktu-waktu diperlukan.

Kereta

Mudik dengan kereta api merupakan cara alternatif yang lebih santai dibandingkan dengan transportasi lainnya. Namun, Anda harus melakukan beberapa persiapan untuk menghindari beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Rencanakan rute dan pilih kereta api yang langsung ke kota tujuan. 

Pilih tempat duduk di sisi jendela, supaya bayi dapat menikmati pemandangan indah dari jendela kereta. Rencanakan kendaraan berikutnya setelah turun dari kereta api. Jika tidak ada keluarga yang menjemput, pertimbangkan untuk memesan taksi atau mobil sewaan demi kenyamanan anda sekeluarga hingga tiba ditempat tujuan. (adri)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas