F1 2018: Winglet Ferrari Ditolak FIA, Ini Alasannya

Minggu, 13/05/2018 20:36 WIB

mobilinanews - Sayap winglet Ferrari sepertinya akan dihilangkan setelah race GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (13/5). Hal ini menyusul ketidaksepakatan FIA sebagai otoritas motorsport internasional.

Ferrari bersikeras bahwa tujuan utama dari winglet adalah bagian dari sistem cermin yang telah dipasang pada aplikasi halo. Namun beberapa tim pesaing justru mempertanyakan legalitas desain keseluruhan.

Ferrari telah diberitahu oleh FIA bahwa winglet di atas cermin tidak diizinkan untuk balapan berikutnya, namun di race akhir pekan ini Ferrari masih mendapatkan izin.

"Cermin adalah bentuk aerodinamis. Dan jelas ada peraturan yang mengharuskan cermin untuk berada di posisi tertentu dan memiliki sejumlah visibilitas," kata Nikolas Tombazis, bos FIA divisi Single Seater.

Menurut Tombazis, kasus seperti ini harus diatur lagi dalam aturan yang spesifik agar tidak ada tim yang mencoba mencari celah demi mendapatkan keuntungan dari desain aerodinamis.

"Jadi saya yakin ketika sebuah tim mengatakan ingin memasangnya di satu titik, karena mereka merasa itu akan menjadi sedikit lebih baik secara aerodinamis, kami tidak meragukannya. Itu termasuk pemasangan halo juga. Sekarang adalah tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa aturannya cukup spesifik, dan kami juga berharap untuk melakukan perbaikan di masa depan, untuk memastikan cermin mencapai fungsi sebenarnya, dan untuk menghentikan mereka dalam mengakali aerodinamis," bebernya. (adri)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik