Mobil Konsep Honda Urban EV Raih Penghargaan Terbaik Internasional

Kamis, 07/06/2018 20:50 WIB

mobilinanews (Turin) - Honda Urban EV Concept baru saja menerima penghargaan sebagai “The Best Concept Car” pada ajang Car Design Award 2018 di pameran Turin Motor Show, Italia (6/6).

Ajang ini diadakan Auto & Design Magazine, dimana seluruh finalis dan pemenang Car Design Award telah diseleksi dan dinilai oleh jajaran juri yang terdiri dari 12 wartawan majalah otomotif ternama di dunia.

Honda Urban EV Concept lolos sebagai finalis pada April lalu, kemudian dipilih sebagai pemenang setelah bersaing dengan 9 mobil lainnya. 

Pengakuan internasional ini menambah rangkaian penghargaan yang didapatkan Honda Urban EV Concept. 

Setelah sebelumnya meraih “Concept Car of the Year” dari majalah Automobile pada Januari lalu.

Honda pertama kali memperkenalkan Urban EV Concept pada ajang Frankfurt Motor Show 2017. 

Diposisikan sebagai desain pertama yang akan menjadi arahan Honda untuk mobil bertenaga baterai di Eropa. 

Mobil ini akan diluncurkan akhir 2019 dengan desain yang simpel dan futuristik dipadukan teknologi canggih.

Dengan bentuk yang lebar dan rendah, tampilan sporty dari Honda Urban EV Concept dikombinasikan dengan gaya kontemporer. 

Pilar A yang tipis dipadukan dengan kaca depan yang lebar dan terkesan menyatu hingga ke sisi samping, serta pintu dengan model “Rear Hinged”.

Bagian interior juga sangat menggugah dengan kursi bermaterial kain abu-abu dipadukan dengan aksen kayu yang memberi kesan mewah dan rileks. 

Kursi pengemudi juga didesain menyambung dengan kursi penumpang di sebelahnya, sehingga tampak seperti sofa yang lapang.

Pada bagian dashboard, terdapat layar berdesain “floating” yang melebar dari sisi atas dashboard hingga ke sisi dalam pintu. 

Layar tersebut menampilkan pesan berupa sapaan, pesan untuk pengendara lain serta status pengisian baterai yang tersedia dalam multi bahasa.

Honda Urban EV Concept tampil menawan dengan memberi sentuhan personal yang dibutuhkan sebuah mobil listrik,” jelas dewan juri di ajang Car Design Award.

“Perpaduan desain retro dan futuristik merupakan hal yang cerdas dan membangkitkan gairah, dimana hanya sedikit orang yang dapat melakukannya,” tambah mereka. 

Honda Urban EV Concept akan menjadi mobil dengan 100% tenaga listrik yang akan diproduksi di Eropa. 

Di bawah strategi “Electric Vision” yang meliputi pengembangan platform dan teknologi mobil listrik.

“Urban EV Concept adalah perwujudan ide kami, yang sejak awal ingin membuatnya dengan desain yang simpel dan lebih dekat di hati konsumennya,” ucap Makoto Iwaki, Executive Creative Director Honda R&D. 

“Atas nama tim desain Honda, kami mengucapkan terima kasih kepada para juri yang telah menghargai jerih payah kami dalam membuat desain mobil yang beda dibandingkan mobil pada umumnya,” lanjut Iwaki. 

Menurutnya proses produksinya kini tengah berjalan dan kelak akan menjadi mobil yang mudah diakses, fun to drive dan membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih berarti dan menyenangkan.

Di tahun 2018, Car Design Award merayakan tahun ketiganya dengan format acara yang benar-benar baru. 

Ajang ini sebelumnya telah berjalan sejak tahun 1984 hingga 1997, dan Honda pernah menjadi pemenang di ajang pertamanya dengan mengusung desain Honda Civic generasi ketiga.

Pemesanan untuk model produksi dari Honda Urban EV Concept akan dibuka pada awal 2019 dan pengiriman ke konsumen di Eropa akan dilakukan pada akhir 2019, sementara untuk konsumen di Jepang pada 2020.

Bukti Honda semakin mewujudkan mobil listrik. (anto) 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo