Ini Yang Harus Diperhatikan Mobil Berumur Sebelum Mudik

Kamis, 14/06/2018 15:01 WIB

mobilinanews (Cikarang) – Perjalanan mudik mengharuskan mobil dalam kondisi prima. Dikutip dari laman resmi Toyota Indonesia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mobil berumur sebelum mudik. 

“Kondisi mobil yang prima akan membuat kita tenang mengemudi, tidak khawatir mobil akan mogok atau bermasalah selama di perjalanan,” ujar Indah Yuliana, Service Manager Auto2000 Cikarang, Jawa Barat. 

Di laman ini disarankan, jika tidak sempat melakukan pengecekan sendiri, pemilik mobil bisa mengunjungi bengkel resmi Toyota untuk melakukan pengecekan kondisi mobil secara keseluruhan.

“Kalau sudah melakukan servis berkala maka dipastikan mobil sudah siap dipakai untuk perjalanan jauh, namun jika belum sebaiknya langsung lakukan servis berkala sebelum berangkat,” jelas Indah. 

Khusus mobil-mobil yang sudah berumur lebih dari 8-10 tahun, pengecekan jadi hal yang amat penting agar kemungkinan mogok bisa dieliminir.

“Pada mobil berumur yang masih menggunakan karburator, platina, dan kondensor, biasanya kerap terjadi masalah di part itu. Namun kami siap mencarikan part tersebut jika dibutuhkan,” lanjut Indah yang sudah empat tahun menjabat service manager Auto2000 Cikarang ini. 

Menurutnya pengecekan yang penting bisa mulai dilakukan dari bagian kolong mobil. 

“Kita cek apakah ada kebocoran atau rembesan oli entah dari gasket mesin, power steering atau transmisi,” jelasnya. 

Selain itu bagian suspensi juga harus diperiksa kondisinya, seperti karet-karet pada tierod, balljoin, boot as roda, boot rack steering dan lainnya.

“Semisal ada kebocoran pada boot rack steering yang mengakibatkan oli power steering terus merembes, maka harus segera diganti agar olinya tidak mengotori bagian lain,” jelasnya merinci.

Kemudian pengecekan bagian lain seperti soket kelistrikan, “Di mobil berumur biasanya bagian seperti soket ini sudah mulai longgar atau bahkan ada yang sudah pecah, ini berbahaya, harus segera diganti,” saran Indah.

Perjalanan mudik akan menjadi lancar dan tenang jika semua parts ini dipastikan dalam kondisi layak. (anto) 


 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060