Alonso Bawa Toyota Menangi Le Mans 24 Jam 2018

Senin, 18/06/2018 01:49 WIB

mobilinanews (Perancis) - Tim Toyota yang diperkuat Kazuki Nakajima, Fernando Alonsodan Sebastien Buemi, meraih kemenangan dominan di Le Mans 24 Jam 2018.

Pabrikan Jepang tersebut juga mematahkan kutukan  pada dua edisi sebelumnya. Dimulai dengan drama tiga menit terakhir pada 2016 dan kemudian malapetaka di tengah malam pada balapan 2017. 

Toyota menjadi pabrikan Jepang kedua setelah Mazda yang berhasil menguasai balapan legendaris ini.

Adalah Nakajima yang membawa pulang mobil 8 ke garis finish. Dalam prosesi foto, pembalap Jepang itu memimpin mobil rekan setimnya, Toyota 7, yang dikemudikan trio Mike Conway, Jose Maria Lopez dan Kamui Kobayashi.

Meski kedua mobil melintasi garis finish dalam posisi nyaris berjajar, mobil 7 sebenarnya terpaut dua lap setelah mengalami insiden melintir dan beberapa kali terkena penalti stop-go terkait masalah bahan bakar.

Mobil 7 sempat memegang keunggulan yang mencapai lebih dari satu menit, tapi jarak tersebut perlahan-lahan dipangkas berkat penampilan luar biasa Nakajima dan Alonso sepanjang sesi malam.

 Mobil 8 akhirnya mengambil alih posisi pemimpin dan melenggang mulus untuk menjadi juara pertama.

Pencapaian ini menjadi penting bagi Alonso karena berarti hanya selangkah lagi untuk meraih gelar Triple Crown: GP Monako, Le Mans, dan Indianapolis 500.

Alonso memang oke. (budsan)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060