Legenda Motor Bekas Peruntukan Modif Trail

Jum'at, 29/05/2015 13:57 WIB

Mobilinanews.com, (Jakarta) – Bagi anda penyuka motor trail namun tidak memiliki daya membeli motor trail karena pertimbangan biaya, bisa mensiasati dengan melakukan modifikasi motor. Untuk modifikasi motor penggeruk tanah, berikut ini legenda motor bekas  peruntukan modifikasi trail.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih “bahan” motor bekas untuk modif motocross atau trail. Faktor bobot, rangka, mesin, ketersedian sparepart penunjang dan basic rangka adalah beberapa pertimbangannya.  Setelah itu barulah sesuaikan kebutuhan modifnya, untuk penggunaan harian atau peruntukan kompetisi,” papar Topo Goedel Atmodjo dedengkot Tauco Custom.

merujuk paparan Topo kepada mobilinanews, ada 5 bahan motor bekas yang bisa dikatakan cukup melegenda dan mumpuni untuk dimodif bergaya trail.

Suzuki TS khususnya TS125  memiliki sejarah gemilang motor trail di masanya. Dengan base rangka ala trail berikut bobotnya yang ringan, motor yang diterbitkan era 70-an ini, masih menjadi salah satu idola offroader R2 karena kegesitan dan mudahnya aplikasi part nuansa trail

Yamaha Force 1. Motor yang pertama kali diluncurkan 1992 di Indonesia menjadi salah satu rujukan karena pertimbangan bobot, kemudahan sparepart dan memiliki banyak item pilihan tipe. Umumnya motor ini digunakan peruntukan gestrek dan adventure offroad.

Yamaha Crypton keluaran 1997 yang mengusung mesin 4 tak juga menjadi idola. Sebelumnya motor 4 tak melekat sebagai miliknya Honda. Dengan teknologi mesin 4 tak berpendingin udara, adik kandung dari Force 1 memiliki dasar bodi dan rangka yang sama dengan sang kakak. Pilihan sparepart nya pun terbilang mudah ditemukan.

Suzuki Satria F 120. Pada masanya bebek ini memiliki silinder yang besar (120 cc). Salah satu kekuatannya adalah kosntruksi rangka yang miring sehingga mudah sekali dimodif bergaya trail. Meskipun sparepart nya tergolong susah, namun jeroan ataupun sektor kaki-kaki mudah dikanibal dengan merek lain.

Honda Kharisma. Meskipun bertenaga 125cc, namun motor bebek ini tergolong irit. Rancang bangun mesin kompak berpadu dengan konstruksi rangka yang slim, membuatnya ampuh dimedan adventure atau trabas. Urusan sparepart ataupun customize kaki-kaki, bebek ini tergolong mudah untuk di modif.

Mau pilih yang mana?

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik