Begini Antisipasi Mesin Overheat Saat Macet Balik Mudik

Jum'at, 22/06/2018 13:13 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Arus balik mudik biasanya lebih padat dibanding arus mudik sebelum Lebaran. 

Kondisi mobil pun perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh. 

Khususnya pada mobil-mobil berumur, potensi mesin overheat atau panas mesin yang melebihi batas normal kerap terjadi saat macet balik mudik

Dikutip dari laman resmi PT. Suzuki Indomobil Sales, berikut beberapa langkah antisipasinya. 

1.Kontrol Kondisi Radiator. 
Dalam kondisi mobil berhenti, mesin yang dibiarkan lama dalam kondisi menyala akan membuat suhu air radiator meningkat dan berisiko menguap. 

Apalagi jika AC dalam kondisi menyala, tentu risiko mesin overheat semakin tinggi.

Antisipasinya, Kontrol kondisi radiator dan pastikan air radiator dalam batas maksimal, gunakan cairan radiator coolant.

Pastikan sirkulasi air radiator lancar. Biasanya, sirkulasi air terhambat karena ada sumbatan berupa karat, tumpukan kerak atau sebab lainnya.

Ketika akan mengecek air radiator, pastikan mesin mobil dalam kondisi dingin. Karena jika tutup radiator dibuka saat suhu mesin panas, air radiator akan menyembur. 

2. Pastikan Kipas Pendingin Berfungsi Maksimal. 
Kipas radiator berfungsi untuk mendinginkan suhu radiator agar proses pendinginan mesin bisa berjalan maksimal. 

Jika kipas tidak bekerja dengan maksimal, suhu radiator pun akan cepat panas dan menyebabkan mesin mudah mengalami overheat.

Pastikan putaran kipas pendingin ini maksimal. Jika ada gejala tidak normal pada putaran kipas, segera tepikan mobil dan cari bantuan mekanik atau bengkel terdekat untuk memeriksanya.

3.Matikan Mesin. 
Jika kemacetan terjadi selama berjam-jam dan mobil dalam kondisi diam, sebaiknya matikan mesin atau parkirkan mobil di tempat istirahat terdekat. 

Untuk mendinginkan mesin, tidak cukup hanya dengan mematikan mesin dan memarkirkan mobil. 

Buka kap mesin agar udara panas yang terjebak di dalam ruang mesin mendapat sirkulasi. 

“Sebelum melakukan perjalanan mudik pastikan mobil Anda dalam kondisi prima, dan lakukan service di bengkel resmi Suzuki,” sebut laman resmi PT Suzuki Indomobil Sales ini. 

Pastikan juga kinerja sistem pendinginan mobil dapat bekerja maksimal. (anto) 

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik