Kiprah Sukses Toyota Jadi Raja MPV di Indonesia

Minggu, 24/06/2018 11:26 WIB

mobilinanews (Jakarta) – PT. Toyota Astra Motor bisa dibilang pabrikan yang paling banyak punya model MPV alias Multi Purpose Vehicle. 

Di Indonesia, kiprah sukses Toyota jadi Raja MPV dimulai dari Toyota Kijang yang juga menjadi MPV Kebanggan masyarakat dan bagi Toyota sendiri. 

Dikutip dari laman resmi PT Toyota Astra Motor (TAM) , rekam jejak ketangguhan Kijang terlihat dari Kijang Generasi Pertama (1977-1980). 

Yaitu Kijang Buaya hingga Generasi ke-6 (2015-sekarang) yang sudah terbukti mampu melakukan perjalanan di hampir seluruh pelosok Tanah Air tanpa kendala.

Toyota Kijang kehadirannya tak lepas dari respon Toyota terhadap kebijakan Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan industri nasional melalui pengembangan alat angkut serba guna di pertengahan 1970-an. 

Kijang awalnya sengaja dirancang sebagai kendaraan yang sesuai karakter dan spesifik pasar, serta kondisi geografis Indonesia melalui kehadiran generasi pertamanya yang diluncurkan pada Juni 1977 dalam konsep Basic Utility Vehicle (BUV).

Seiring dengan kemajuan ekonomi dan kebutuhan masyarakat, rancang bangun Toyota Kijang juga terus dikembangkan sehingga mobil ini tidak lagi hanya sebagai BUV. 

Tetapi sudah menjadi kendaraan serba guna, termasuk kendaraan keluarga yang hingga saat ini dikenal sebagai MPV. 

Bahkan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang semakin berkembang, Kijang generasi terakhir hadir dengan platform desain dan performa yang sama sekali berbeda dan membawa pelanggannya meloncat ke jenjang kepuasan lebih tinggi, jauh di atas level generasi sebelumnya.

Begitu juga generasi turunannya, yakni Toyota Avanza yang begitu digemari karen mampu bergerak lincah dan nyaman untuk perjalanan jauh. 

Sementara kehadiran varian Veloz tidak terlepas dari kesuksesan Toyota menghadirkan Avanza sebagai low MPV untuk mendukung mobilitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui riset mendalam yang selalu dilakukan Toyota terhadap setiap produk yang akan diluncurkannya. 

Kondisi geografis, infrastruktur jalan, demografi masyarakat Indonesia yang semakin dinamis sesuai dengan daya beli yang dimiliki, serta tuntutan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih telah mendorong Toyota menghadirkan Veloz pada 2011.

Sebagai low MPV Toyota yang mumpuni mengangkut 7 (tujuh) orang penumpang, kehadiran Veloz sebagai generasi terbaru Toyota Avanza mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada di Indonesia. 

Tampil dengan desain yang dinamis, sporty, modern, diikuti dengan peningkatan coefficient drag yang menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih efisien, menggunakan sistem penggerak roda belakang, dan memiliki ground clearance yang tinggi. 

Ditambah harga yang terjangkau (value of money), kemunculan Veloz bersama New Avanza sangat fenomenal dan membuat pasar otomotif nasional semakin bergairah.

Sedangkan Toyota Sienta adalah MPV yang diproduksi oleh Toyota untuk pasar Jepang dan Indonesia. 

Toyota Sienta yang tidak hanya stylish dan modern namun juga mampu diandalkan saat berkendara jauh dengan medan yang beragam. 

Toyota Sienta sudah mulai diproduksi secara massal di Toyota Karawang Plant 2, Jawa Barat, pada akhir Juni 2016. 

Sementara, mesin NR-engine dengan Dual VVT-i yang digunakan Sienta sudah diproduksi di Toyota Karawang Plant 3 yang diresmikan pada bulan Maret 2016. Mobil ini tersedia dalam empat pilihan varian, yaitu E, G, V dan Q.

“Selain untuk memperlihatkan kepada publik tentang daya tahan dan kenyamanan, serta keamanan dari MPV Toyota yang diproduksi di Indonesia, Toyota Kijang, Toyota Avanza dan Toyota Sienta ini juga menunjukkan kemampuan industri otomotif Indonesia dalam mengembangkan kendaraan MPV produk lokal yang handal, tangguh dan merupakan andalan ekspor berkualitas global,” jelas Henry Tanoto, Vice President Director PT. TAM dalam keterangannya beberapa waktu lalu. 

Tidak heran, Toyota jadi Raja MPV di Indonesia. (anto) 


 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060