Eddy Lukita, Pembalap Serbabisa Indonesia

Minggu, 24/06/2018 19:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Eddy Lukita adalah salah satu pembalap serba bisa yang pernah dimiliki Indonesia, selain pembalap legendaris yang lain.

Lahir pada 23 Februari 1943 (75 tahun), Eddy pernah lama menjadi pembalap motor dengan memakai motor Suzuki.

Selain itu, Eddy juga ikutan balap mobil. Mengandalkan mobil Alfa Romeo tipe Alfetta bersama Richard Wuisan, mengikuti balap enduro (ketahanan) 7 jam di sirkuit Ancol, Jakarta Utara.

 Sedang Alfa Romeo tipe Alfasud turun di balap Enduro 6 jam bersama navigator almarhum Bambang Sudarsono.

Eddy Lukita (kiri) bersama Benny Hidayat & Derek Madradi di bukber Banteng Motorsport.

Di ajang reli, pada event Knight Rally bersama Hari Soewanto berhasil menjadi juara umum 1. Saat itu, mengandalkan Honda Civic.

Masih dengan mengandalkan Honda Civic, Eddy berlaga di ajang Marlboro Rally. Kali ini, berpasangan dengan Helmy Hutama.

"Om Helmi Hutama itu biasanya adalah navigator alm om Aswin Bahar. Tapi saat itu pinjam sama om Aswin. Papi memang berteman baik dengan om Aswin sejak dari balap motor," terang Jimmy Lukita, anak kedua Eddy Lukita kepada mobilinanews.

Selain itu, Eddy juga merambah balap gokart, juga pakai mesin Suzuki. Dan pernah satu tim dengan Hengky Iriawan. Dan masih banyak lagi kiprahnya.

Di keluarga Lukita saat ini, sudah lahir 3 generasi balap. Setelah Eddy, kemudian melalui anak laki satu-satunya Jimmy Lukita. Dilanjutkan Gerhard Lukita, putra sulung Jimluk yang sekarang sangat menonjol prestasinya di balap mobil ISSOM.

"Anak papi ada tiga. Pertama Yeni, kedua saya dan ketiga Margaret. Dan saya sendiri yang ikutin jejaknya di ajang balap," tutup Jimluk. (budsan)

 

Jejak Balap Eddy Lukita :

 
- Balap motor awal tahun 1958
 
- Balap mobil di Ancol tahun1975 pakai Suzuki Fronte 360 cc  (juara 1), juara 2 Abauw Hendra Tirtasaputra, juara 3 Chandra Alim.
 
- Juara balap mobil dengan mobil Suzuki, juara 2 Chandra Alim (Subaru REX. 360 cc)
 
- Startnya pakai gaya Lemans. Mobil di parkir di sisi kanan, pembalapnya lari dari sisi kiri.
 
- Darma Putra Rally Pakai Toyota Corolla dengan navigator Poerwoko.
 
- Gokart pernah satu tim dengan almarhum Hengky Iriawan (tim Sinar Iriawan Racing).
 
 
 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060