Ingat, Perluasan Ganjil Genap Efektif Mulai Senin Besok

Minggu, 01/07/2018 22:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sejumlah ruas jalan utama di Ibu Kota akan berlaku perluasan aturan ganjil genap yang efektif mulai Senin besok, 1 Juli 2018.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Ditlantas Polda Metro Jaya dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mulai memberlakukan perluasan kawasan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap.

Pengguna kendaraan roda empat diharapkan memperhatikan ruas jalan utama mana saja yang mulai masuk aturan ini.

Aturan baru ini akan dilaksanakan selama 15 jam, mulai pukul 06.00-21.00 WIB di sejumlah ruas jalan utama berikut:

Jalan Jenderal Gatot Subroto (simpang Kuningan-simpang Slipi),
Jalan MT Haryono (simpang UKI-simpang Pancoran-simpang Kuningan),
Jalan Jenderal S Parman (simpang Slipi-simpang Tomang),
Jalan HR Rasuna Said,
Jalan Jenderal Ahmad Yani (simpang Perintis-simpang Pemuda),
Jalan Jenderal DI Pandjaitan (simpang Pemuda-simpang Kalimalang-simpang UKI),
Jalan Benyamin Sueb (simpang Benyamin Sueb-Kupingan Ancol),
Jalan Metro Pondok Indah dan
Jalan RA Kartini.

Aturan baru ini bersifat perluasan, jadi aturan ganjil genap yang sebelumnya berlaku di ruas Jalan Sisingamangaraja hingga sebagian Jalan Merdeka Barat dan Jalan Jenderal Gatot Subroto (simpang Kuningan-Slipi) akan tetap berlaku seperti biasa.

Kendaraan roda empat genap boleh melintas di ruas jalan utama tersebut pada tanggal genap dan berlaku sebaliknya.

Uji cobanya akan berlangsung selama sebulan penuh pada Juli 2018. Dimana pemasangan rambu-rambu sosialisasi perluasan akan dipasang di dekat dan sepanjang ruas jalan utama tersebut. 

Selama masa uji coba, sanksi yang akan diterima pelanggar baru sebatas teguran saja. Sanksi tilang yang sebenarnya baru efektif akan diberlakukan mulai 1 Agustus 2018.

Aturan ini dibuat dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018, sekaligus mengetahui waktu tempuh dari wisma atlet ke lokasi pertandingan.

Belum diketahui sampai kapan aturan ini akan berlaku. Jadi, harap diperhatikan benar-benar ya ruas jalan utama mana saja yang akan dilalui. (anto)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman