Teknologi di Toyota Terbaru ini Bikin Mobil Tidak Merosot di Tanjakan

Kamis, 19/07/2018 16:35 WIB

mobilinanews – Momen ketika berhenti dan kembali melaju di tanjakan adalah salah satu kondisi yang menegangkan khususnya bagi pengemudi pemula, apalagi dengan mobil bertransmisi manual.

Pengemudi dituntut mahir menentukan momen mulai ketika rem tangan dilepas hingga memindahkan pijakan dari pedal rem ke pedal gas.

Karena saat pedal gas diinjak kurang dalam, kendaraan berisiko merosot karena tidak memiliki tenaga yang cukup. 

Sementara jika pedal gas diinjak terlalu dalam, roda kendaraan bisa selip atau bahkan membuat kendaraan tersentak.

Dikutip dari laman resmi Toyota, ada teknologi di mobil Toyota terbaru yang bikin mobil tidak mudah merosot di tanjakan

Toyota menawarkan fitur HAC singkatan dari Hill-Start Assist Control seperti yang ditemui di Toyota Fortuner, Kijang Innova dan Hilux generasi terbaru.

Teknologi yang ditawarkan Toyota ini cukup praktis, tidak perlu menekan tombol khusus karena semuanya bekerja secara otomatis.

Secara sederhana, prinsip kerjanya dimulai ketika melepaskan rem tangan atau pijakan pada pedal rem saat kendaraan berhenti di tanjakan

Kemudian komputer akan memerintahkan pengereman dan memberikan jeda sekitar 5 detik hingga pengemudi diberi kesempatan menginjak pedal gas kembali untuk berakselerasi.

Selain untuk mencegah kendaraan melorot, Hill-start Assist Control juga membantu pengemudi melakukan akselerasi yang halus.

Selamat mencoba di Toyota terbaru anda. (anto) 


 

TERKINI
Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali F1 2024 Miami: Max Verstappen Tetap Paten, Pesona Hamilton Masih Ada Meski Melawan Pembalap Papan Bawah Ofero Picassio, Modal RP 13 Jutaan Sudah Bisa Beli Motor Listrik Seperti Vespa 946 Dior Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia