Usai Uji Coba Balap Malam, Ini Komentar Pembalap ISSOM

Kamis, 16/08/2018 17:01 WIB

mobilinanews (Sentul) - Pihak Sirkuit Sentul bersama ABM Enterprise dan Gazpoll setidaknya sudah dua kali menggelar uji coba atau simulasi night race (balap malam).

Pertama dengan hanya mengandalkan lampu mobil tanpa penerangan sirkuit, dan yang paling anyar, Sabtu (11/8) uji coba dengan menggunakan penerangan sirkuit yang sudah diinstalasi.

Beragam komentar pun datang dari beberapa pembalap yang jadi peserta night race. Ada yang merasa antusias dan tertantang, ada juga yang khawatir dan sedikit ngeri.

Yulianto Adi misalnya, salah satu penantang di kelas kejurnas ITCC ini mengatakan untuk beberapa spot tertentu masih sangat riskan karena terlalu gelap.

"Di R2 yang lumayan gelap. Pas masuk tikungan sih masih kelihatan, tapi pas keluarnya gelap banget," kata Adi, sapaan akrabnya.

Lain halnya dengan pembalap ABM Motorsport, Dodi Saputra. Menurut Dodi sejauh ini penerangan yang ada sudah cukup membantu. "Oke sih, ini akan jadi pengalaman baru."

"Bahkan catatan waktu bisa lebih cepat karena temperaturnya lebih dingin. Ya memang di R2 dan R5 butuh tambahan lampu, tapi overall asik sih," ungkap Dodi.

Berbeda lagi dengan Sendy Setiawan. Rekan setim Dodi Saputra di ABM Motorsport ini justru tidak terlalu begitu percaya diri usai menjajal trek Sentul pada malam hari.

"Jujur kalau saya pribadi agak ngeri ya. Saya malah merasakan disorientasi. Faktor lampu mobil saat di trek misalnya. Mobil di belakang kita tidak tahu posisinya di sebelah kiri kah di sebelah kanan kah atau pas di belakang itu nggak kelihatan," ungkap Sendy.

Bisa disimpulkan, ISSOM Night Race nanti akan berjalan menarik karena belum tentu didominasi oleh para pembalap yang langganan podium. Karena banyak faktor pembeda yang bisa saja mempengaruhi hasil.

Namun manajemen Sentul tetap melengkapi tools seperti penambahan lampu dan pemasangan mata kucing yang bersinar di setiap tikungan untuk memenuhi aspek safety. (adr)

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali