Penjualan Daihatsu Terios Naik Dua kali lipat, Xenia dan Ayla Jeblok

Sabtu, 18/08/2018 21:26 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Belum lama ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis pencapaian angka penjualan kategori retail sales dan wholesales periode Januari-Juli 2018 serta menampilkan angka penjualan di kategori dan periode yang sama pada tahun 2017.

PT ADM mampu meraih pencapaian yang positif untuk periode Januari-Juli 2018. Dimana Daihatsu membukukan angka retail sales sebesar 111.519 unit, atau naik 8% dan wholesales mencapai 112.893 unit, atau naik 4% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Mengacu data yang diterima Mobilinanews ini, kentara penjualan Daihatsu Terios naik dua kali lipat, sementara model Xenia dan Ayla bisa dibilang jeblok.

Wajar Terios mengalami kenaikan, karena penjualan yang tercatat pada tahun lalu adalah model Terios lama yang sudah beredar di Indonesia sejak Desember 2006.

Sementara angka penjualan yang gemilang pada tahun 2018 ini bisa dibilang masih hangat, karena mulai 23 November 2017 lalu generasi terbaru All New Daihatsu Terios resmi dijual di Indonesia. 

Selain mencatatkan kenaikan pada model Terios, model Sigra penjualannya melejit pada wholesales dan naik pada retail sales.

Namun jika membandingkan data penjualan hingga Juli 2018 ini dengan periode Januari-Juli 2017, hampir sebagian besar model Daihatsu yang dijual PT ADM mengalami penurunan.

Grand Max Pick Up (PU) ada selisih penurunan 50 unit pada wholesales, sementara retail sales-nya naik dengan selisih 643 unit menjadi 22.712 unit.

Penurunan paling signifikan dialami oleh Ayla dimana untuk penjualan Wholesales-nya turun sebanyak 4.875 unit dan 2.004 unit untuk retail sales-nya. Padahal model ini belum lama mendapat penyegaran pada April 2017 lalu.

Sementara jagoan lama, Xenia juga mengalami penurunan terutama untuk wholesales dengan selisih 3.604 unit dan turun tipis sebanyak 820 unit untuk retail sales-nya. 

“Kami beruntung penjualan Terios naik sampai dengan dua kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Walaupun terjadi inden, Terios tetap banyak peminatnya. Kami terus berusaha untuk meningkatkan kapasitas produksi demi memenuhi permintaan Sahabat Daihatsu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM dalam keterangannya (16/8) di Jakarta.

Minimnya inovasi dan model yang sudah jenuh bisa menjadi salah satu faktor penurunan angka penjualan. (anto)

TERKINI
Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan