MotoGP 2018: Michelin Siapkan 4 Pilihan Ban di Silverstone

Rabu, 22/08/2018 16:25 WIB

mobilinanews (Inggris) - Suplier ban resmi di balapan MotoGP bakal menghadirkan empat pilihan kompon ban di MotoGP Inggris, Sirkuit Silverstone. Pilihan ini lebih banyak karena biasanya Michelin hanya menghadirkan 3 kompon di setiap race. 

Hal tersebut dikarenakan Sirkuit Silverstone telah diaspal ulang. Sedangkan Michelin belum sempat melakukan tes. 

Soft, medium serta dua opsi hard tersedia untuk ban depan-belakang. Kompon soft berdesain asimetris dengan sisi kanan lebih keras sedangkan tiga lainnya simetris. Karakteristik trek yang cepat dan mengalir, 10 tikungan kanan dan delapan tikungan kiri, memberikan kebutuhan akan desain asimetris karena sisi kanan di bawah tekanan sebanyak 20 lap. 

Meski cuaca diperkirakan kering, tetap saja Michelin mengantisipasi turunnya hujan di Silverstone. Maka disediakan ban basah depan-belakang dengan kompon soft dan medium. Ban belakang memiliki desain asimetris, sementara ban depan simetris.

“Silverstone adalah tantangan besar lainnya bagi kami karena menuju ke trek terlama tahun ini setelah diaspal ulang, dan kami tidak punya kesempatan untuk tes di sana,” ucap Michelin Motorsport Two-Wheel Manager, Piero Taramasso.

“Kami mendapat saran mengenai aspal baru Silverstone dari perusahaan yang melakukan pengaspalan ulang, juga memiliki banyak informasi dari pihak terkait lainnya yang telah memberi kami masukan berharga tentang lintasan tersebut."

“Kami juga memiliki data sendiri dan yakin akan memiliki kompon tepat untuk permukaan lintasan yang baru. Ketika alokasi ban musim ini disiapkan pada awal tahun, kami dapat memutuskan empat ban depan dan belakang untuk Silverstone dan ini akan memberikan semua opsi berbeda kepada pembalap sebelum mereka memutuskan pilihan ban untuk balapan,” paparnya. (adr)

 

 

sumber: motorsport 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!