Mobil MPV Paling Ideal Itu Berpenggerak Roda Belakang, Seperti Avanza

Kamis, 23/08/2018 13:53 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Persaingan di segmen mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) memang selalu menarik untuk disimak. Hampir semua brand otomotif berlomba-lomba menawarkan produk terbaiknya di segmen mobil sejuta umat ini.

Namun bicara pilihan ideal, setidaknya ada beberapa indikator yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum anda menentukan pilihan untuk membeli mobil MPV ideal.

Mobil MPV yang juga biasa dikenal sebagai mobil keluarga jika dilihat dari peruntukkannya ternyata tak hanya sebagai alat transportasi untuk keluarga saja. Apalagi kecenderungan konsumen Indonesia yang biasanya mengandalkan mobil MPV untuk semua kebutuhan.

Mulai dari membawa barang, melakukan perjalanan jauh/ekspedisi, hingga operasional sehari-hari untuk instansi, serta jadi kendaraan driver on line perkotaan.

Jika melirik profil penggunaan MPV tersebut, salah hal yang dipertimbangkan adalah sistem penggerak roda yang diaplikasikan. Dalam hal ini MPV berpenggerak roda belakang adalah yang paling ideal.

Alasannya adalah real MPV dituntut untuk bisa melewati berbagai kontur jalan baik di dalam maupun antar kota dengan durasi yang cukup lama, sehingga pilihan terbaik adalah, sedangkan mobil dengan gerak roda depan lebih cocok untuk digunakan sebagai mobil perkotaan seperti sedan atau mobil hatchback.

Hal ini pula yang membuat Toyota mempertahankan sistem gerak roda belakang untuk Avanza yang memang masih menjadi raja MPV tanah air.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manajer PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan bahwa sistem gerak roda belakang juga memiliki kelebihan lain dari sisi daya tahan komponen kaki – kaki maupun suspensi. Dengan menggunakan gerak roda belakang, perangkat kaki – kaki maupun suspensi memiliki usia pakai lebih lama.

"Kami tidak ingin konsumen kehilangan sisi ketangguhan dari Avanza, andai kita pakai gerak roda depan maka daya angkut tidak akan setangguh gerak roda belakang yang mampu melintasi kontur yang beragam, mulai dari daerah pantai hingga pegunungan," kata Soerjopranoto.

Ia menambahkan dengan sistem gerak roda belakang, gejala slip bisa diminimalisir, khususnya saat di tanjakan dan ketika mobil sedang mengangkut banyak penumpang. (adr)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!