Enaknya Nyetir Wuling Confero, Serasa Low MPV Buatan Jepang (bagian 2)

Kamis, 30/08/2018 02:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Tim Mobilinanews berkesempatan mencoba Low MPV Wuling Confero beberapa waktu lalu di seputaran wilayah Kemayoran, Jakarta Pusat.

Unit yang kami coba ini adalah varian tertinggi, yakni Wuling Confero S 1.5 L LUX Plus MT seharga Rp 171.900.000,-.

Setelah puas merasakan impresi kabinnya, kini kami mencoba mengeksplorasi performanya. Enaknya nyetir Wuling Confero, serasa mengemudikan low MPV buatan pabrikan Jepang.

Beralih ke mesin, start dirasakan halus, begitu juga dengan deru mesin 4 silinder segaris DOHC DVVT bawaan pabriknya.

Desain dasbor Wuling Confero tidak membosankan.

Tidak ada suara kasar maupun getaran dari mesin yang masuk ke kabin. Uji performa mesin dimulai dari akselerasi, tenaga pada putaran bawah dirasakan cukup mumpuni mendorong laju MPV berpenggerak roda belakang ini.

Pergantian gigi transmisi manual mulai gigi 1 hingga gigi 3 tidak ada kendala berarti. Namun kami belum sampai merasakan putaran atas hingga maksimal mengingat keterbatasan area pengetesan dikarenakan kondisi lalu lintas yang agak padat.

Begitu juga pada pengereman, selama pengujian di area ini masih dirasakan cukup handal. Sementara kinerja suspensi, meski belum menguji secara menyeluruh, untuk penggunaan di jalanan dalam kota terbilang mumpuni.

Tidak terlalu keras, namun juga tidak terlalu empuk, pas. Ketika diajak meliuk melintasi deretan cone secara zig-zag sampai pada kecepatan 60 km/jam tidak mengalami limbung pada bodi.

Pengendalian Wuling Confero relatif stabil.

Kemudian radius putar 5,5 m dinilai cukup baik. Setir kemudi terasa ringan namun tetap terkendali. Terakhir soal konsumsi bahan bakar, belum bisa terukur secara pasti.

Penilaian keseluruhan, bagi yang pertama kali mengemudikan Wuling Confero S tidak akan merasa kalau mobil ini bukan MPV pabrikan Jepang.

Bisa dibilang impresi mengemudinya hampir sama, bahkan mendekati. Apalagi turut didukung kualitas interiornya yang baik.

Sayangnya belum ada pilihan transmisi otomatis yang sudah seharusnya menjadi opsi wajib MPV terkini. (anto)

TERKINI
WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Eshark Rok Cup 2024 : Rafie Farhan Siddiq Rebut Trofi Juara 2 Entry Level, Sebelumnya Hanya Juara 5