Pergub Perpanjangan Aturan Ganjil Genap Hingga Oktober Resmi Diterbitkan

Minggu, 02/09/2018 09:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Gubernur DKI Jakarta baru saja menerbitkan peraturan gubernur (Pergub) perihal perpanjangan sistem ganjil genap

Pergub ini sebagai payung hukum perpanjangan aturan ganjil genap bagi kendaraan pribadi roda empat yang berlaku hingga bulan Oktober 2018. 

Pergub DKI Nomor 92/2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil Genap Menjelang dan Selama Penyelenggaraan Asian Para Games 2018, telah ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Jumat (31/8).

Dengan diterbitkannya pergub ini maka pihak Kepolisian sudah memiliki dasar hukum untuk melakukan penindakan atau penilangan terhadap pengendara yang melanggar aturan ini. 

Sesuai pada pasal 3 ayat 1 dan 2 di Pergub ini, ganjil genap diberlakukan mulai 3 September hingga 13 Oktober 2018 pada hari Senin - Jumat pukul 06.00 - 21.00 WIB. 

Namun bedanya kali ini, ganjil genap tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. 

"Pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap pada ruas jalan sebagaimana dimaksud, tidak diberlakukan pada segmen persimpangan terdekat sampai dengan pintuk masuk tol, dan segmen keluar tol sampai dengan persimpangan terdekat," tulis pasal 1 ayat 3 pada Pergub tersebut.

Berikut ruas jalan yang ditetapkan sebagai kawasan pembatasan lalu lintas dengan aturan ganjil genap:

- Jalan Medan Merdeka Barat
- Jalan MH Thamrin
- Jalan Jenderal Sudirman
- Jalan Gatot Subroto
- Sebagian Jalan Jenderal S Parman (mulai dari simpang Jalan Tomang Raya hingga simpang Jalan KS Tubun).

- Jalan Jenderal MT Haryono
- Jalan HR Rasuna Said
- Jalan Jenderal DI Panjaitan
- Jalan Jenderal Ahmad Yani
- Sebagian Jalan Benyamin Sueb (mulai dari Bundaran Angkasa hingga Kupingan Ancol).

Yuk, mulai  diperhatikan lagi tanggal aktivitas berkendara dan pelat nomor mobil anda agar sesuai aturan. (anto) 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060