Woow, 3 Sirkuit Offroad di Palembang Siap Diberdayakan Instansi Terkait

Senin, 03/09/2018 21:30 WIB

mobilinanews (Palembang) - Tanpa banyak publikasi, ternyata Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (Pengprov IMI) Sumatera Selatan telah menyiapkan 3 sirkuit offroad dan motocross siap dipakai. Lokasinya tak jauh, masih berada di kota Palembang.

Lahan yang dimanfaatkan untuk sirkuit itu milik Kodam II Sriwijaya dan Lanud TNI AU. Nah, semuanya bisa terwujud tentunya berkat peranan mantan Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto dan Otomotif Dirgantara Palembang (ODP).

"Kebetulan pak Pangdam yang lama hobi berat offroad. Hanya saja sekarang pindah tugas," buka Augie Bunyamin, Ketua Pengprov IMI Sumsel. Setidaknya ada dua lahan siap pakai, yakni di Rider 200/BN dan Jasdam II.

"Trek yang di Jasdam II kita pakai untuk Driving Skill, sebagai pelatihan offroad. Kalau di Rider sudah ada treknya. Terakhir dipakai saat Kejurda Offroad Putaran III Individual pada November 2017 memperebutkan trofi Pangdam II Sriwijaya," terang Augie Bunyamin.

Lahan lebih besar justru tersedia di Lanud Talang Betutu. "Ada lokasi seluas 80 hektar bisa dimanfaatkan. Bisa dibuat trek untuk adventure dan speed offroad. Rencana akan dikembangkan jadi kawasan otomotif untuk grasstrack, motocross dan drag race juga," terang Yan Purgianto, Kabid Roda 4 di IMI Sumsel.

Bahkan pihak Lanud lebih serius lagi. Telah dibentuk Otomotif Dirgantara Palembang atau ODP. Inilah yayasan yang bakal mengelola sirkuit terpadu nantinya.

"Apalagi sudah ada persetujuan dari Pangops Kasau buat dijadikan sentral olahraga otomotif," yakin Yance, sapaan akrab Yan Purgianto.

Tak hanya itu, saat ini di Talang Betutu sudah tersedia trek offroad untuk main Remote Control. Di Jasdam juga ada trek serupa dan Sirkuit Gandus Internasional Offroad Palembang yang siap dipakai setiap waktu.

"Sekedar mengingatkan, sirkuit Talang Betutu pernah dipakai Kejuaraan Motocross Asia tahun 2015 lalu," jelas Yance. Selanjutnya sedang disiapkan event berikutnya.

"Yang terdekat kita akan adakan Kejurda Offroad Individual Putaran Ketiga di Rider 200/BN. Ajang ini sekalian memperingati Hari Juang Kartika," papar Augie Bunyamin. Intinya, IMI Sumsel bertekad dan komitmen membuat event mulai dari lokal sampai internasional.

Wah, keren nih. Palembang bisa memiliki banyak arena sirkuit. Diharapkan waktu mendatang kegiatan otomotif lebih maju lagi. Lahan punya, sarana tersedia dan Pemerintah Daerah mendukung. Tak hanya sekedar mendukung. Pejabatnya juga ikut main offroad.

Buktinya, selain Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin juga ikut main lumpur dengan jipnya. Tak ketinggalan istri Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu berani menjajal trek.

Klop deh, lengkap jadinya. (bangve)


 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman