Ternyata, Memodifikasi Truk Punya Tingkat Kesulitan Tersendiri

Selasa, 11/09/2018 18:30 WIB

mobilinanews (Yogyakarta) - Bawor Maju Jaya yang merupakan salah satu karoseri yang terlibat dalam event Jogjakarta Truck Festival (JTF) 2018 menampilkan tiga unit Isuzu ELF NMR71 yang sudah dimodifikasi.

Bawor Maju Jaya merubah total truk kondisi standar menjadi truk modifikasi kontes. Hasilnya mengagumkan, wajar saja untuk satu modifikasi Bawor Maju Jaya bisa menghabiskan dana sebanyak Rp 150 juta lho.

Lalu apa saja tantangan dalam memodifikasi truk? "Sisi kabin yang paling rumit untuk dimodifikasi. Tantangan terberatnya di sektor ini karena harus kami bongkar semua," jelas Taryo, salah satu teknisi Bawor Maju Jaya.

Ia menambahkan, aspek lain yang menghabiskan dana yang banyak adalah pengecatan. "Di sisi lain, urusan cat juga bisa menyedot biaya cukup besar. Bisa dibayangin, kalau harga cat untuk truk itu bisa mencapai harga Rp 2 juta per kilogram. Dan rata-rata untuk menggarap satu unit truk itu bisa menghabiskan sebanyak 5 kilogram," sambungnya.

Meski sudah dimodifikasi habis-habisan, namun menurut Taryo, truk tersebut harus tetap aman dan layak jalan dipakai sehari-hari. Jadi modifikasinya hanya sebatas tampilan tanpa harus menambah atau mengurangi bagian-bagian lain, khususnya di sektor mesin dan juga fitur safety. (adr)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan