Pertama di Dunia, Lexus Segera Adopsi Kaca Spion Digital

Sabtu, 15/09/2018 07:01 WIB

mobilinanews (Tokyo) – Penggunaan kamera digital sebagai pengganti kaca spion pada mobil-mobil konsep telah lama digunakan. Namun belum pernah diaplikasikan pada kendaraan produksi massal.

Lexus sebagai merek mobil mewah dari Toyota mengklaim menjadi yang pertama di dunia yang mengadopsi Digital Outer Mirrors atau kaca spion digital.

Aplikasi pada sedan Lexus ES terbarunya, kaca spion digital disebut memiliki beberapa keunggulan dibanding kaca spion model konvensional.

Diantaranya dapat mengurangi hambatan angin sehingga dapat menghemat bahan bakar sekaligus meningkatkan performa. 

Ditambah mengurangi suara gesekan angin, mengurangi tertampungnya salju dan air hujan, serta meningkatkan visibilitas ke samping dan belakang. 

Efeknya, area blind spot dapat diperkecil, yang tentunya meningkatkan keamanan berkendara.

Sistem ini menggunakan satu set kamera yang dipasang di posisi yang sama dengan kaca spion biasa.

Cara kerjanya, gambar yang ditangkap kamera kemudian ditampilkan pada dua buah monitor berukuran 5 inci yang terletak di masing-masing sisi dasar pada panel interior Pilar A.

Teknologi ini menyerupai yang dikembangkan Audi untuk E-Tron baru. Namun Lexus  meluncurkannya sebulan lebih awal. 

Lexus akan menawarkan kaca spion digital mulai dari model ES baru pada Oktober, sebelum melengkapi model mendatang lainnya. 

Saat ini kaca spion digital hanya akan ditawarkan untuk pasar Jepang, yang telah menyetujui penerapan teknologi ini beberapa tahun lalu.

Inovatif banget, nih. (anto)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman