Krismon 98 dan Momentum Kelahiran Toyota Avanza (Part 1)

Selasa, 18/09/2018 16:02 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kesuksesan Toyota Avanza sebagai mobil paling laris di Indonesia memiliki histori panjang dan berkaitan erat dengan perkembangan kondisi sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia.

Kelahiran Avanza edisi pertama di tahun 2003 tidak lepas dari krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1998. Saat itu, harga-harga mobil melambung tinggi yang berimbas pada menurunnya industri otomotif.

Saat itu, Toyota melihat segmen mobil MPV di range harga Rp 100 jutaan adalah segmen yang paling menjanjikan. "Berawal dari krisis moneter 98, kita terus melakukan riset dan pengalaman Toyota yang sudah puluhan tahun di Indonesia, kami melihat saat itu mobil di harga Rp 100 jutaan akan menjadi jawaban dari kebutuhan masyarakat yang masih merasakan dampak krisis ekonomi. Avanza pun kita hadirkan untuk menjawab itu dan ternyata memang jadi fenomenal," kata Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM).

Sebenarnya saat itu, Toyota sudah punya MPV andalan yakni Toyota Kijang, namun Kijang sendiri nyatanya masih terlalu mahal untuk konsumen.

Seiring berjalannya waktu, sejak edisi pertama Avanza yang dirilis pada Desember 2003, mobil ini terus mengukir sejarah dan rekor-rekor lain hingga mendapat titel mobil sejuta umat. Tak ada jalanan di Indonesia yang tidak dilalui Avanza. 

Avanza keluaraan tahun 2006

 

Memasuki tahun ke-15 nya, populasi Avanza sudah mendekati angka 2 juta unit. Tentu hal ini tak lepas dari upaya dan totalitas Toyota untuk terus membuat mengembangkan Avanza dengan tanpa henti mengadopsi dan menerapkan fitur-fitur terkini agar Avanza terus beriringan dengan permintaan konsumen dari tahun ke tahun.

Banyak hal yang membuat konsumen Indonesia tak perlu berpikir dua kali dalam memilih Toyota Avanza sebagai kendaraan keluarga. Setidaknya ada beberapa fakta kenapa Avanza adalah mobil pilihan ideal tak hanya di perkotaan tapi juga di daerah-daerah seluruh nusantara.

Tak hanya standar kualitas dan pelayanan terbaik, jaringan sales dan aftersales Toyota adalah yang terbanyak di Indonesia. Total ada 322 outlet resmi Toyota yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Jaringan yang luas tersebut juga diperkuat Toyota dengan layanan toyota mobile service yang dilengkapi armada operasional terlengkap, baik roda dua maupun roda empat.

Kemudian dari sisi perawatan, spare parts Avanza sangat mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Toyota sendiri menerapkan the best total ownership experience yang didasarkan pada filosofi customer first, tak termasuk untuk konsumen Avanza. Jadi bisa dipastikan ketersediaan spare parts dijamin di semua outlet.

Beberapa fakta diatas menjadi alasan kenapa Avanza masih menjadi raja segmen LMPV. Belum lagi alasan teknis dan harga jual kembali. (adr) 

 

Avanza keluaraan tahun 2013

 

TERKINI
Honda FL5 dan Hyundai TCR Yang Diangkut Pesawat ke Malaysia, Ternyata Oleh Perusahaan H Andy Surya Santosa Yang Perally Segera Download Aplikasi GASPOLL by IMI, Dan Dapatkan Banyak Benefit Dengan Memiliki KTA IMI PEVS 2024 : Yuk Jajal Langsung dan Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda MotoGP 2024: Adaptasi Sudah Beres, Tiba Saatnya Marc Marquez Ngegas GP23 Melawan GP24