Vision Urbanetic, Mobilitas Masa Depan Ala Mercedes-Benz

Selasa, 25/09/2018 06:01 WIB

mobilinanews (Stuttgart) – Mercedes-Benz Vans belum lama ini memperlihatkan konsep mobilitas masa depan yang baru, dinamakan Vision Urbanetic. Konsep ini menghilangkan batas antara mobil penumpang dan kendaraan komersial

Vision Urbanetic adalah platform kendaraan listrik otonom yang dapat mengakomodasi modul penggerak untuk penumpang atau modul kargo untuk transportasi barang.

Konsep mobilitas ini diklaim dapat memenuhi kebutuhan perkotaan, bisnis dan wisata. Vision Urbanetic dirancang dapat mengangkut lebih banyak orang dan barang dengan jumlah kendaraan lebih sedikit.

Sehingga diharapkan dapat berkontribusi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, mengurangi infrastruktur dalam kota, serta meningkatkan kualitas kehidupan perkotaan.

Platform konsep ini juga punya platform bodi yang dapat dilepas dan diganti. Vision Urbanetic bisa berwujud kendaraan berbagi tumpangan berkapasitas hingga 12 orang atau menjadi kendaraan komersial yang dapat mengangkut hingga 10 palet.

Dimensinya punya panjang 5,14 meter dan modul kargo dengan ruang muat sepanjang 3,7 meter, serta volume kargo 10 meter kubik. Ketiadaan pengemudi juga berkontribusi memaksimalkan volume ruang penumpang atau kargo.

Platform ini dapat beralih modul baik secara otomatis atau manual, dimana proses otomatis disebut hanya membutuhkan waktu beberapa menit. 

Penggunaan sasis yang dilengkapi seluruh fungsi penggerak, memungkinkannya untuk dapat berkendara hingga tujuan berikut tanpa membutuhkan bodi.

Vision Urbanetic didukung infrastruktur IT yang menganalisa penawaran dan permintaan dari area yang ditentukan secara real-time. 

Berkat adanya jaringan dan kontrol cerdas, sistem ini juga dapat belajar dari kebutuhan saat ini. Sehingga mampu mengantisipasi dan bereaksi terhadap kebutuhan di masa mendatang. 

Pada aplikasinya Vision Urbanetic dapat mengidentifikasi kerumunan orang yang berkumpul di area tertentu dan segera mengirim kendaraan ke area tersebut untuk memenuhi meningkatnya permintaan. Canggih. (anto)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas