Puluhan Tahun di Dunia Balap, Begini Cara Franck Lochi Meracik Ban

Selasa, 25/09/2018 18:01 WIB

mobilinanews (Sentul) - Pengembangan ban harian dengan ban balap tentu berbeda. Peruntukkan yang berbeda membuat ban harian dan ban balap memiliki indikator profil yang berbeda pula.

Khusus untuk pengembangan ban balap, Franck Lochi, Head of Proving Ground and Managing R&D Motorsport Division PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban GT Radial memberikan penjabaran soal aspek apa saja yang harus dipenuhi.

Sederhananya, Lochi mengatakan terkait dengan pengembangan ban balap, maka tentu informasi dan data dari pembalap tes sangat dibutuhkan. 

"Input dan feedback racer sangat penting, mulai dari ekspektasi mereka terhadap sebuah ban, lalu perbedaannya saat menggunakan mobil lain atau mobil dengan set up yang berbeda, apakah ban ini sudah cukup sempurna performanya atau belum. Informasi itu harus didapat," ujar Lochi saat ditemui di sela-sela ISSOM 2018 seri 5, Minggu (23/9) kemarin di Sirkuit Sentul.

Menurut Lochi, ban kompetisi atau ban balap tidak melulu soal struktur dan kompon. "Jadi tidak selamanya harus membuat perubahan struktur dan kompon pada sebuah ban. Terkadang anda hanya perlu menganalisa input pembalap terhadap ban sebagai data untuk membuat pengembangan lanjutan. Jadi data dari pembalap sangat penting dan sangat menentukan, itu sudah kami lakukan dengan melibatkan pembalap level top," beber Lochi yang sudah belasan atau bahkan puluhan tahun mengolah data ban balap pada kejuaraan balap dunia.

Lebih lanjut Lochi menjelaskan bahwa saat ini, GT Radial belum memiliki rencana untuk menghadirkan ban balap tipe baru. Mengingat regulasi kejurnas yang menerapkan pemakaian ban yang ada dipasaran, maka Lochi menilai belum waktunya GT Radial untuk menghadirkan ban khusus balap.

"Regulasi di Indonesia hanya membuat kami menjalankan tipe yang sudah ada. Kami butuh regulasi baru untuk menghadirkan ban baru. Saat ini kami masih menunggu," tutupnya. (adr)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo