MOBIL STORY: Generasi Ketiga Toyota Kijang (1986 - 1996) Bagian 2

Minggu, 30/09/2018 10:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sejarah mobil keluarga Indonesia dimulai dari generasi pertama Toyota Kijang pada 1975 – 1981. Dilanjutkan generasi kedua yang mulai dijual dan diproduksi pada 1981 – 1986

Pada akhir 1986 sampai 1996, model Toyota Kijang generasi ketiga mulai dijual. Kijang generasi ini bentuknya lebih melengkung pada lekukannya sehingga tampak lebih modern. 

Boleh jadi Kijang generasi ketiga menjadi awal sebuah kesuksesan besar Toyota dalam  memproduksi mobil keluarga modern Indonesia.

Peluncuran logo baru Toyota pada November 1989 menjadi ciri khas mobil Toyota sampai saat ini. 

Selanjutnya pada tahun 1991, Super Kijang mengalami perubahan pada sistem kemudi 'Rack & pinion' agar sistem kemudi lebih ringan. 

Ditambah penyempurnaan pada Axle 3 kople untuk mengurangi getaran, serta penambahan power steering. Super Kijang tersedia sampai Juni 1993.

Setelah Agustus 1992, Toyota memasuki generasi perbaikan bodi mobil yang disebut sebagai Toyota Original Body. 

Sebuah proses pembuatan bodi mobil dengan mesin press dan metode las titik. Sampai saat ini, bisa dikatakan satu-satunya Kijang yang bebas dempul. 

Pada masa ini terjadi perubahan letak tangki bensin yang awalnya berada di bawah bumper belakang menjadi di tengah samping kiri.

Sedangkan posisi ban serep yang semula diletakan di tengah samping kiri dipindah menjadi di bawah bemper belakang.

Sementara untuk versi Deluxe (Toyota Kijang G) terdapat perubahan khususnya pada lampu depan, grill, dan ditambahkan power steering pada kemudi yang meringankan pengemudi. 

Versi Grand Extra (sebagai Varian Tertinggi) memiliki ciri penamaan LGX (Long Grand Xtra) SGX (Short Grand Xtra) terdapat penambahan tachometer, penambahan fender, Power Window, Alloy Wheel bermerek Enkei, dan AC double blower.

Dengan segenap penyempurnaan ini, Toyota Kijang semakin banyak diminati Keluarga Indonesia. (anto)

TERKINI
Honda FL5 dan Hyundai TCR Yang Diangkut Pesawat ke Malaysia, Ternyata Oleh Perusahaan H Andy Surya Santosa Yang Perally Segera Download Aplikasi GASPOLL by IMI, Dan Dapatkan Banyak Benefit Dengan Memiliki KTA IMI PEVS 2024 : Yuk Jajal Langsung dan Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda MotoGP 2024: Adaptasi Sudah Beres, Tiba Saatnya Marc Marquez Ngegas GP23 Melawan GP24