Wuih, Astha Motorsport Bikin Slalom Motor Marak

Kamis, 04/10/2018 18:30 WIB

mobilinanews (Balikpapan) - Lama tak terdengar ada ajang slalom sepeda motor. Padahal ini bisa menjadi cabang olahraga otomotif baru, selain slalom mobil.

Meski regulasi baku belum dibuat, namun Astha Motorsport di Kalimantan Timur telah menggagasnya.

Melalui event bertitel Kaltim Gymkhana - Astha Motorsport Series 2018, putaran perdana telah dimulai Sabtu (14/7/2018) lalu di Samarinda. Cukup banyak peserta terdaftar sekitar 50.

"Awalnya pasti belum familiar. Nanti juga akan ramai Slalom Motor diikuti peserta," buka Dony Christy, Ketua Penyelenggara.

Sepanjang tahun 2018, Astha Motorsport menyiapkan 3 series. Putaran kedua di Balikpapan dan ketiga balik lagi ke Samarinda.

"Tahun ini jadi ajang uji coba. Nanti kita pelajari lagi kendalanya. Kalau bisa dibuat dengan seri lebih banyak dengan kota bergantian," tutur Dony Christy.

Yaps! Astha telah memulainya. Slalom Motor bisa marak masa mendatang. Meski regulasinya belum ditetapkan oleh IMI Pusat.

"Sebelumnya kita buat aturan peserta tidak boleh turun kaki, kena pinalti. Belakangan dihapuskan dan dibolehkan," ujar Izhul, pentolan Astha Motorsport yang konsen di pendaftaran peserta.

Apa komentar IMI Pusat? "Ini cabang baru, regulasinya memang belum ada. Bisa saja mengacu kepada slalom mobil meski berbeda. " sebut Medya Saputra, Wakil Ketua Umum Bidang Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat.

Sepertinya baru Kaltim yang mengadakan. "Kita lihat dulu, kalau sudah ada 2-3 Pengprov IMI yang mengadakan, ini bisa menjadi rujukan dibahas saat Rakernas akhir tahun ini," semangat Medya Saputra.

Ayo lanjutkan! Seri kedua telah menunggu. Astha bakal menggelar Kaltim Gymkhana Seri II pada Sabtu, 20 Oktober 2018. Lokasinya di Dome Balikpapan, Kalimantan Timur. Diharapkan sosialisai berjalan agar peserta ramai.

Ada dua kategori dibuat, peserta Komunitas dan Pembalap. Masing-masing memainkan 6 kelas lomba. Pembagiannya mulai dari Matic 110-150cc Suspensi Ringan, Matic 150-160cc Suspensi Berat, Bebek 4 Tak 110-150cc, Bebek 2 Tak 110cc-130cc, Supermoto/Sport 150-250cc dan Sport 2 Tak 135-150cc.

Syaratnya spesifikasi kendaraan standar sesuai Peraturan Lalu lintas.

"Artinya tampak standar dengan knalpot standar. Selain itu kita juga buka kelas tambahan FFA dengan spesifikasi motor balap dan kelas Moge untuk fairing and naked," pungkas Izhul.

Inilah saatnya slalom motor digemari. (bangve)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan