MOBIL STORY: Generasi Keempat Toyota Kijang (1997 - 2004) Bagian 3

Jum'at, 05/10/2018 06:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sejarah mobil keluarga Indonesia dimulai dari generasi pertama Toyota Kijang pada 1975 – 1981. Dilanjutkan generasi kedua yang mulai dijual dan diproduksi pada 1981 – 1986

Pada akhir 1986 sampai 1996, model Toyota Kijang generasi ketiga mulai dijual. Kijang generasi ini bentuknya lebih melengkung pada lekukannya sehingga tampak lebih modern. 

Setelah sebelas tahun bertahan dengan rancangan generasi ketiga, Kijang meluncurkan model berikutnya dengan perubahan pada eksterior dan interiornya menjadi lebih aerodinamis pada 1997. 

Model ini akrab dijuluki Kijang Kapsul dengan total varian awalnya mencapai 18 model dengan pilihan sasis panjang atau pendek dan mesin bensin atau diesel.

Kijang Kapsul dibagi dalam varian sasis pendek (SX, SSX, SGX), sasis panjang (LX, LSX, LGX) dan pick-up juga varian Krista yang mengambil basis varian LGX. 

Pada bodi Krista dilengkapi tambahan over fender, warna bodi two-tone dan interior lebih mewah dari LGX atau SGX. 

Sementara varian Rangga  yang mengambil basis varian SSX juga dilengkapi tambahan over fender, warna bodi two-tone dan ban serep ala SUV yang ditempatkan pada pintu bagasi. 

Pada generasi ini tipe karoseri Rover Ace berbasis sasis pendek dan Jantan Raider berbasis sasis panjang juga masih diproduksi beberapa unit. 

Kijang juga menyediakan penggerak empat roda (4x4) dengan basis LGX untuk pasar Afrika Selatan dengan nama Toyota Condor pada 2000-2005. 

Model ini mengadopsi fitur yang jauh lebih lengkap, diantaranya airbag pengemudi dan AC climate control. 

Khusus pasar Afrika juga ditawarkan mesin diesel 5L kapasitas 3.000 cc pada varian 4x4. Pada generasi keempat inilah Kijang mulai diekspor ke manca negara dengan berbagai nama.

Kecuali untuk Brunei Darussalam yang tetap menggunakan nama Kijang, yaitu Malaysia dan Singapura (Toyota Unser), Filipina (Toyota Revo), Taiwan (Toyota Zace surf), Vietnam (Toyota Zace).

Setelah digantikan Kijang Innova pada 2005, Kijang Kapsul versi bodi Pick-up 1.800 cc masih diproduksi hingga 2007 hingga digantikan Toyota Hilux Single Cabin 2.0 VVT-i. (anto)

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali