MOBIL STORY: Generasi Kelima Toyota Kijang (2004 - 2015) Bagian 1

Sabtu, 06/10/2018 08:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sejarah mobil keluarga Indonesia dimulai dari generasi pertama Toyota Kijang pada 1975 – 1981. Dilanjutkan generasi kedua yang mulai dijual dan diproduksi pada 1981 – 1986. 

Pada akhir 1986 sampai 1996, model Toyota Kijang generasi ketiga mulai dijual. Dilanjutkan generasi keempat yang akrab dijuluki Kijang Kapsul dan Kijang Krista pada periode 1997 hingga 2004.

Pada model ini Kijang mulai bertransformasi menjadi mobil keluarga modern dengan total varian awalnya mencapai 18 model dengan pilihan sasis panjang atau pendek dan mesin bensin atau diesel.

Lanjut ke generasi kelima, Toyota Kijang kembali diperbaharui pada tahun 2004 dan dipasarkan dengan nama Innova/" style="text-decoration:none;color:red;">Kijang Innova hingga 2015. 

Selain di Indonesia, model ini juga dipasarkan ke pasar luar negeri dengan nama Innova, tanpa nama Kijang. Perubahannya cukup drastis dibandingkan generasi sebelumnya. 

Jika pada awal konsep Kijang generasi pertama adalah Basic Utility Vehicles yang merakyat, maka Innova/" style="text-decoration:none;color:red;">Kijang Innovasi lebih dikategorikan sebagai kendaraan kelas menengah.

Bentuk model fisiknya jauh lebih modern dan futuristik, mana tidak lagi menonjolkan bentuk lekukan tajam seperti pada model-model sebelumnya.

Konsepnya berubah menjadi mobil keluarga jenis MPV (Multi Purposes Vehicle) masa kini, dengan bentuk bodi yang lebih aerodinamis dengan kenyamanan ala sedan mewah. 

Posisi berkendaranya lebih nyaman, posisi tuas transmisi terjangkau ditambah panel instrumen yang lebih user friendly. 

Versi awal Innova/" style="text-decoration:none;color:red;">Kijang Innova memakai mesin bensin berkode 1TR-FE VVT-i 16 Katup DOHC kapasitas 2.000 cc dengan keluaran tenaga mencapai 136 HP. 

Pilihan mesin dieselnya berkode 2KD-FTV kapasitas 2.500 cc dilengkapi turbocharger dan teknologi Common Rail Direct Injection yang memiliki tenaga sebesar 102 HP. 

Kijang generasi ini dirancang dengan sistem Direct Ignition System (DIS) dan merupakan penerapan dari teknologi pedal gas tanpa kabel atau Throttle Control System-Inteligent.

Inilah Generasi Kijang yang mulai dijejali ragam teknologi terbaik di kelasnya ketika itu. (anto)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!