MOBIL STORY: Generasi Kelima Toyota Kijang (2004 - 2015) Bagian 2

Minggu, 07/10/2018 09:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sejarah mobil keluarga Indonesia dimulai dari generasi pertama Toyota Kijang pada 1975 – 1981. Dilanjutkan generasi kedua yang mulai dijual dan diproduksi pada 1981 – 1986. 

Pada akhir 1986 sampai 1996, model Toyota Kijang generasi ketiga mulai dijual. Dilanjutkan generasi keempat yang akrab dijuluki Kijang Kapsul dan Kijang Krista pada periode 1997 hingga 2004.

Lanjut ke generasi kelima, Toyota Kijang kembali diperbaharui pada tahun 2004 dan dipasarkan dengan nama Kijang Innova hingga 2015

Kijang Innova mengalami penyempurnaan total pada rangka dan kinerja suspensi, sehingga menciptakan pengendalian yang lebih rigid dan stabil.

Suspensi Independen Double Wishbone dengan coil spring alias per keong disematkan pada bagian depan. 
 
Sementara roda belakangnya menerapkan 4-link Lateral Rod Rigid Axle yang mampu meredam guncangan menjadi lebih nyaman. 

Meskipun sasisnya masih menggunakan model Ladder Bar alias sasis tangga, namun beban suspensi dapat didistribusikan secara merata keseluruh bagian badan mobil. 

Gejala Body Roll dan tingkat Pitching yang umum terjadi pada kendaraan berdimensi besar dan tinggi semakin kecil. 

Sudut geometri suspensi lebih handal dibanding generasi sebelumnya karena titik jatuh suspensi yang lebih akurat berbanding antara panjang dan lebar mobil.

Penyempurnaan lain terdapat dibagian kemudi dimana pengendara dapat lebih akurat mengarahkan kemudi disetiap tikungan. 

Stabilitas arah kemudi lebih handal karena menggunakan model Rack-and-Pinion dengan Engine Speed Sensing Power Steering. 

Sehingga mobil mudah dikendalikan dalam kecepatan 120 km pada jam pada tikungan model S maupun belokan memutar 270 derajat sekalipun. 

Tidak heran berkat sejumlah penyempurnaannya ini, Kijang Innova jadi MPV terlaris dan hampir tanpa kompetitor yang mampu bersaing head-to-head di kelasnya. (anto)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060