Hyundai Raih Double Podium di WRC Rally Italia 2015

Rabu, 17/06/2015 11:04 WIB

mobilinanews.com (Italia) - Putaran keenam WRC 2015 di Rally Italia Sardegna (11 – 14 Juni 2015) menjadi bukti keseriusan Hyundai Motorsport untuk menjadi salah satu kandidat juara WRC di tahun 2015 ini.

Melalui dua pereli andalan, Hayden Paddon dengan Co-Driver John Kennard yang berhasil merebut podium kedua, dan Thierry Neuville dengan Co-Driver Nicolas Gilsoul yang berhasil merebut podium ketiga, Hyundai Shell World Rally Team sementara ini bisa berada di posisi ketiga klasemen manufaktur dengan nilai 113, hanya terpaut dua nilai di bawah Citroen Total Abu Dhabi WRT di posisi kedua yang memiliki nilai 115 (simak posisi klasemen manufaktur di sini).

 Hasil dua podium di seri reli Italia ini juga semakin menunjukkan tekanan kuat dari para pereli Hyundai Shell World Rally Team kepada juara dunia bertahan Sebastian Ogier (Volkswagen Motorsport) yang juga merupakan pemuncak klasemen sementara ini (simak posisi klasemen pereli di sini).

Jika pada seri kedua Rally Sweden (12-15 Februari 2015) Thierry Neuville yang bersaing ketat dengan Ogier untuk posisi pertama dengan jarak hanya terpaut 6,4 menit, maka pada seri keenam Rally Italia Sardegna yang berakhir akhir pekan lalu giliran pereli muda Hayden Paddon yang memberi ancaman kepada Ogier dengan waktu hanya terpaut 3,5 menit (simak hasil Rally Italia Sardegna 2015 di sini).

Bahkan khusus di Rally Italia Sardegna, posisi podium utama hampir saja menjadi milik Hayden Paddon. Pasalnya pereli kelahiran Selandia Baru 20 April 1987 (28 tahun) ini sempat memimpin jalannya reli mulai dari pembukaan di Jumat hingga Sabtu sore, sebelum mengalami insiden menabrak batu besar yang menyebabkan kerusakan pada gearbox.

Beruntung bersama Co-Driver John Kennard, Paddon berhasil mengatasi kerusakan sementara dan menyelesaikan long stage sejauh 42 km pada hari Sabtu.

“Bisa finish di podium merupakan perasaan yang luar biasa. Kami memulai balapan dengan kuat, sebelum mengalami insiden pada hari Sabtu sore yang membuat saya sempat berpikir reli sudah berakhir. Pada akhirnya kami bersyukur masih bisa melanjutkan hingga hari Minggu dan berhasil meraih posisi kedua. Hal ini tidak mungkin tercapai tanpa dukungan team. Untuk itu saya berterima kasih pada semua pihak di Hyundai Motorsport. Semoga hasil ini akan menjadi pemicu untuk meraih hasil yang lebih baik di seri-seri berikutnya,” kata Hayden Paddon.

Hasil cukup baik juga ditorehkan Thierry Neuville yang baru saja berulang tahun ke-27 pada tanggal 16 Juni 2015. Setelah sempat mengalami masalah pada saat start, pereli asal Belgia berhasil memenangkan SS16 dan mengamankan posisi podium ketiga. Ini merupakan hasil podium kedua yang diraih Neuville di musim 2015, sekaligus menempatkannya di posisi keenam sementara di daftar pereli dengan nilai 50, hanya terpaut tiga nilai dari Elfyn Evans di posisi kelima (53) dan enam nilai dari Jari-Matti Latvala di posisi keempat (56).

“Ini bukanlah pekan yang mudah untuk meraih podium. Saya sangat gembira dengan hasil ini, baik secara pribadi maupun untuk tim. Tim terus fokus dan bekerja keras untuk dapat meraih posisi podium, dah hasilnya kami berhasil double podium,” kata Neuville.

“Benar-benar pekan yang luar biasa, dan kami dapat meninggalkan Rally Italia Sardegna dengan dua podium yang luar biasa. Hayden telah menunjukkan performa luar biasa dan berhasil menunjukkan jika dia akan menjadi bintang di masa depan. Thierry juga demikian, bisa meraih hasil positif dan melalui reli yang menantang ini dengan raihan podium,” kata Michel Nandan, Team Principal dari Hyundai Motorsport.

Selamat buat Hyundai Shell World Rally Team.

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo