Siap-siap, Indonesia Bakal Kedatangan SUV Asal Tiongkok (lagi)

Rabu, 10/10/2018 08:22 WIB

mobilinanews (Kuala Lumpur) – Pasar mobil di Indonesia memang menggiurkan, terbukti dari sejumlah pabrikan baru ikut menanamkan investasinya di Tanah Air untuk memproduksi dan menjual model terbaiknya.

Salah satu segmen yang gemuk adalah SUV, yang kian diramaikan oleh kehadiran model-model terbaru asal Tiongkok.

Dalam satu tahun terakhir adalah DFSK yang melangkah lebih dulu memperkenalkan 7-seater City SUV bernama Glory 580 pada GIIAS 2017 lalu.

Masih dari pabrikan Negeri Tirai Bambu, Wuling seakan tidak mau kalah. Puas dengan penerimaan masyarakat akan model-model MPV-nya, di GIIAS 2018 kemarin memboyong model SUV yang belum diberi nama resmi.

Masih ada lagi, Proton juga telah melirik Indonesia sebagai pasar potensial untuk memasarkan model SUV terbarunya.

Proton kan dari Malaysia? Betul, namun dua model SUV yang rencananya dipasarkan Proton sesungguhnya mengambil basis dari pabrikan Tiongkok, Geely.

Proton kini sebanyak 49,9 persen sahamnya telah dimiliki pabrikan otomotif China, Geely.

Belum lama ini dikabarkan Proton telah resmi terima lisensi dan memperoleh hak intelektual untuk produksi tiga model Geely untuk dipasarkan di kawasan ASEAN.

Model-modelnya antara lain SUV Geely Boyue yang akan dijual dengan nama Proton X70. Juga model yang belum dijual di China yaitu SUV Geely SX11. 

Dikabarkan selain Malaysia, sejumlah negara di ASEAN seperti Brunei, Singapura, Thailand termasuk Indonesia dipastikan masuk wilayah pemasaran kedua model SUV ini selama 10 tahun berlakunya lisensi tersebut.

Mampukah Proton memasarkannya ke sejumlah negara ASEAN tersebut? Yang jelas siap-siap, Indonesia bakal kedatangan SUV asal Tiongkok (lagi). Kalau jadi. (anto)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan