F1 2018: Fight Vettel vs Hamilton Berujung Pada Aturan Baru Manuver Defence

Jum'at, 12/10/2018 16:02 WIB

mobilinanews - Badan induk motorsport dunia, FIA merilis aturan baru soal manuver defence pembalap F1. Aturan baru ini melarang pembalap F1 melakukan dua manuver bertahan ke arah yang sama.

Aturan ini dilatarkbelakangi dua manuver blok yang dilakukan Sebastian Vettel terhadap Lewis Hamilton pada balapan GP Rusia. Hal ini menjadi topik pembahasan selama briefing pembalap di Suzuka pekan lalu.

Di sana Hamilton meminta kejelasan soal pembalap yang bergerak dua kali ke arah yang sama, karena menurutnya manuver yang dilakukan Vettel tidak sepatutnya dilakukan.

Berdasarkan regulasi, pembalap yang melakukan perubahan arah lebih dari satu kali saat bertahan akan diinvestigasi oleh para steward karena melanggar aturan. Usai balapan di Sochi, Hamilton menilai Vettel telah bergerak dua kali, pertama saat berusaha menutup lajurnya, kedua ketika ia diimpit ke luar.

Awalnya, direktur balap F1, Charlie Whiting, menjelaskan manuver Vettel tidak bisa dinilai sebagai dua gerakan kerena bergerak ke arah yang sama. Namun usai pertemuan kemarin, ia menghimbau ke depannya manuver yang serupa tidak boleh dilakukan.

"Aturan soal dua gerakan biasanya diartikan sebagai gerakan ke satu arah dan kemudian ke arah berlawanan," jelas Charlie Whiting.

"Saya pikir orang-orang pada umumnya juga mengartikannya seperti itu. Tapi saya harus katakan ketika saya melihat insiden itu untuk yang kali pertama, saya juga berpikiran sama, bahwa Vettel bergerak dua kali saat dilihat dari kamera onboard Lewis. Tapi jika dilihat dari kamera trek dan tampak depan, gerakannya tidak sejelas itu. Jadi terlihat seperti ada satu gerakan tapi dengan sedikit keraguan," jelas Charlie Whiting, direktur balap F1.

"Manuvernya tidak terlihat seperti ada dua gerakan yang berbeda, itulah mengapa steward tidak menjatuhi penalti," bebernya. (adr)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik