Cukup Disayangkan, Museum F1 Itu Akhirnya Ditutup

Jum'at, 12/10/2018 22:05 WIB

mobilinanews (Inggris) - Berita mengejutkan datang dari Inggris. Salah satu museum balap terkemuka di dunia, Donington Grand Prix Collection dikabarkan akan tutup pada tanggal 5 November mendatang.

Koleksi mobil balap di museum ini awalnya milik mendiang Tom Wheatcroft yang mulai membeli mobil balap F1 era 60 an. Pada tahun 1971, ia mengakuisisi trek Donington Park untuk merenovasi venue F1 dan MotoGP itu.

Sebelum Donington kembali menggelar balapan pada 1977, Tom terlebih dahulu meresmikan museum untuk menampung koleksi mobil balapnya.

Wheatcroft terus menambah koleksi berbagai mobil balap terkenal. Dalam kurun waktu 40 tahun, Donington Grand Prix Collection menjadi salah satu tujuan utama pencinta balap dunia. Apalagi museum tersebut juga menyimpan koleksi seperti McLaren MP4 Aryton Senna dan Lotus 18 yang dikemudikan Stirling Moss saat memenangi GP Monako 1961.

Kegagalan upaya untuk membawa kembali F1 ke Donington pada 2007 berujung pada konflik yang mengakibatkan ditutupnya trek selama beberapa bulan.

Wheatcroft meninggal dua tahun kemudian. Anaknya, Kevin, diberi wasiat untuk menyambung napas museum yang berlokasi di Leicestershire, Inggris.

Beberapa item koleksi pun sempat dijual untuk mendanai museum. Kini, Motor Sport Vision selaku penanggung jawab utama sirkuit menilai museum balap Donington tidak lagi bisa dipertahankan dan akan menutupnya November mendatang. Sisa-sisa pajangan tengah dikembalikan ke pemiliknya atau dijual.

“Tutupnya museum setelah 45 tahun merupakan keputusan sulit. Namun, demi tanggung jawab keluarga, mau tidak mau kami harus melakukannya,” jelas Kevin. (adr)

TERKINI
Honda FL5 dan Hyundai TCR Yang Diangkut Pesawat ke Malaysia, Ternyata Oleh Perusahaan H Andy Surya Santosa Yang Perally Segera Download Aplikasi GASPOLL by IMI, Dan Dapatkan Banyak Benefit Dengan Memiliki KTA IMI PEVS 2024 : Yuk Jajal Langsung dan Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda MotoGP 2024: Adaptasi Sudah Beres, Tiba Saatnya Marc Marquez Ngegas GP23 Melawan GP24