MOBIL STORY : Oke D Junjunan, Dari Crosser Hingga Antar Jabar Sebagai IMI Terbaik se-Indonesia.

Rabu, 17/10/2018 18:10 WIB

mobilinanews (Bandung) - Menyebut nama Oke Darajat Junjunan, mungkin semua orang Bandung mengenalnya. Sebab dari remaja hingga sekarang, namanya selalu mengharumkan kota dengan julukan Varis van Java itu.

Menariknya, semua karena bidang motorsport. Tepatnya, Oke remaja sudah berkecimpung di ajang balap motocross.

Lahir di Bandung, 14 Juli 1972, sudah menjadi ranking 1 Jabar Junior Motocross pada 1992. Setahun kemudian, telah menjadi juara nasional junior motocross.

"Saya bermain motocross dari tingkat Jawa Barat, nasional hingga international sampai tahun 1995. Tapi pada 2004, saya main lagi tapi turun di kelas Eksekutif Gudang Garam Motocross di kota baru Parahyangan, alhamdulillah juara 2," ujar Oke kepada mobilinanews.

Kemudian suami Eragita Patriana ini berpindah ke ajang balap gokart. Tahun 2002, berhasil mencapai juara nasional Kelas Master Super Girboks.
 
Pada tahun 2003, gelar itu masih tetap dikuasai ayah dari Naylah Andrea Junjunan dan Qailla Azzura Junjunan ini. Pada 2005, ia meraih juara kelas master Rotax Max.

Tak cuma motocross, pria dengan postur atletis ini mencoba ajang balap mobil. Hasilnya, juara kedua Honda Jazz Speed Challenge & Grand Touring di sirkuit Sentul International, Bogor, Jawa Barat, tahun 2006.

Totalitas penggila motorsport, dibuktikan Oke yang berbisnis di pakaian balap dengan masuk dunia reli. Event KFC Junior Rally Championship di kawasan industri Dawuan, Cikampek, Jawa Barat, 2009 pun disasarnya.

Prestasi yang mentereng, pinter bergaul sehingga disukai banyak orang, mengantar Oke dipercaya menjadi Ketua Pengprov IMI Jawa Barat.

Hebatnya, pria ramah ini dipercaya memimpin organisasi penggemar otomotif se-Tanah Pasundan hingga 8 tahun alias 2 periode. Periode 2004-2008, dan periode 2008 - 2012.

"Saya selalu total pada bidang yang saya geluti, termasuk saat memimpin IMI Jawa Barat. Saya keliling menemui klub-klub yang ada dan memberdayakannya, termasuk membuatkan event balap dan kegiatan klub," ungkapnya.

Hasilnya, di bawah kepemimpinannya, Jawa Barat dinobatkan sebagai IMI Terbaik se-Indonesia pada 2007.

Tak hanya itu, Jawa Barat di bawah Oke Junjunan juga berhasil menjadi juara umum cabang olahraga balap motor PON XVIII di Pekanbaru, Riau pada 2012.

Ikuti cerita Oke menjadi promotor nasional gokart Rotax Max, dan secara rutin mengirim para juara nasional ke grand final yang umumnya di benua Eropa. (budsan, bersambung)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Menyelenggarakan Diskusi Inspiratif yang Membahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi