Enam Fitur yang Bikin Wuling Formo Tidak Cocok dijadikan Mobil Keluarga

Minggu, 11/11/2018 10:42 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Wuling Motors mulai masuk segmen mobil komersial, ditandai dengan peluncuran Wuling Formo (7/11) dalam versi blind van dan minibus.

Sekilas bentuknya identik dengan Wuling Confero yang sudah meluncur duluan dan diposisikan sebagai mobil keluarga.

Memang, versi minibus dari Wuling Formo bisa saja dijadikan mobil keluarga, namun ada Enam Fitur yang bikin Light Commercial Vehicle ini tidak cocok sebagai Family MPV.  

1.    Head Rest
Jok baris kedua dan ketiga tidak dilengkapi head rest atau sandaran kepala. Selain untuk kenyamanan, fitur ini juga dapat menunjang keamanan penumpang. Meski Wuling Formo sudah menerapkan seatbelt di semua posisi tempat duduknya.

2.    Jok kecil
Pada Wuling Formo versi minibus ditawarkan kapasitas delapan dan tujuh penumpang. Tawaran pertama memang mampu memuat lebih banyak. 

Namun penggunaan jok di baris kedua paling kiri berdimensi lebih kecil dengan keunggulan mudah dilipat sebagai akses masuk ke jok paling belakang ini tentunya akan mengurangi kenyamanan pemakainya, apalagi jika dibawa jalan jauh.

3.    AC Single Blower
Kenyamanan kapasitas muat penumpang yang lebih banyak jika hanya didukung Air Conditioning (AC) model single blower tentunya tidak seoptimal model AC double blower.

4.    Mesin 1.200 cc
Mesin bensinnya berkonfigurasi 4-silinder kapasitas 1.200 cc bertenaga 77 HP dan torsi 110 Nm, belum terbukti kehandalannya. Sejatinya mobil keluarga mampu diajak menjelajah jauh melewati berbagai kontur jalanan Indonesia yang bervariasi.

5.    Pelek Kaleng
Aplikasi pelek kaleng bukan alloy jamak ditemui pada mobil barang. Tentunya aplikasinya jika dipakai untuk mobil keluarga bisa jadi kurang stylish.

6.    USB Port
Tidak seperti MPV Wuling sebelumnya yakni Confero dan Cortez, yang sudah tersedia fitur USB Port di setiap baris joknya, Wuling Formo belum menyediakannya. Padahal USB Port sudah menjadi kebutuhan wajib pada mobil keluarga terkini.

Wuling Formo ditujukan untuk kegiatan usaha para konsumen, dibanderol mulai Rp 135.800.000,- harga on the road (OTR) khusus Jakarta.

Sekilas wujudnya memang terlihat mirip Wuling Confero yang sejatinya diperuntukkan sebagai mobil keluarga, penuh fitur kekinian. 

Bisa jadi ini adalah strategi pemasaran dari Wuling, mengingat harga terendah dari varian basic Wuling Confero punya harga yang tidak beda jauh dibanding Wuling Formo

Kalau mau usaha, pilih Wuling Formo. Kalau mau mobil keluarga ya pilih Wuling Confero. (anto)

TERKINI
Pembuktian Bersama Gresini Racing, Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024 Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru