Lagi-lagi, Penjualan Daihatsu Xenia dan Ayla Jeblok

Jum'at, 16/11/2018 13:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja merilis pencapaian angka penjualan kategori retail sales dan wholesales periode Januari-Oktober 2018 serta menampilkan angka penjualan di kategori dan periode yang sama pada tahun 2017.

PT ADM mampu meraih pencapaian yang positif untuk periode Januari-Oktober 2018. Dimana Daihatsu membukukan angka retail sales sebesar 160.981 unit, atau naik 7,43 % dan wholesales mencapai 168.539 unit, atau naik 7,35 % dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Mengacu data yang diterima Mobilinanews pada Jumat (16/11) ini, diantara semua model Daihatsu yang mengalami kenaikan angka penjualan, hanya model Xenia dan Ayla yang bisa dibilang jeblok lagi, sama seperti beberapa periode sebelumnya di 2018.
 
Wajar Terios mengalami kenaikan, karena penjualan yang tercatat pada tahun lalu adalah model Terios lama yang sudah beredar di Indonesia sejak Desember 2006.

Sementara angka penjualan yang gemilang pada tahun 2018 ini bisa dibilang masih hangat, karena mulai 23 November 2017 lalu generasi terbaru All New Daihatsu Terios mulai resmi dijual di Indonesia. 

Penurunan paling signifikan dialami oleh jagoan lama di kelas Low MPV, yaitu Xenia. Dimana untuk penjualan Wholesales-nya turun sebanyak 6.936 unit dan 3.762 unit untuk retail sales-nya. 

Sementara bintang LCGC, Ayla juga mengalami penurunan terutama untuk wholesales dengan selisih 3.241 unit dan turun sebanyak 2.426 unit untuk retail sales-nya. Model ini terakhir mendapat penyegaran pada April 2017 lalu.

Minimnya inovasi dan model yang sudah jenuh bisa menjadi salah satu faktor penurunan angka penjualan. 

Bisa jadi kehadiran merek baru asal Tiongkok yang mengisi celah pasar melalui strategi harga jual yang lebih murah dan segenap keunggulannya, mampu mencuri kue penjualan di kelas LCGC dan Low MPV yang sudah eksis terlebih dahulu. (anto)

TERKINI
Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 BYD Resmi Meluncurkan Sea Lion 07: SUV Pesaing Tesla Model Y