Tol Cikopo Palimanan Perlu Segera Dipasang Garis Kejut

Minggu, 28/06/2015 00:27 WIB

mobilinanews.com (Palimanan) – Saat melibas trek tol Cikapali sepanjang 116,75 km, selain masih minimnya rambu-rambu petunjuk  tol yang didominasi dengan badan jalan beton, ruas tol terpanjang di Indonesia ini belum memiliki garis kejut.

Dengan rentang waktu tempuh hampir 3 jam lamanya (Jakarta-Palimanan) dan kondisi medan jalan yang terbilang cukup mulus, bukan tidak mungkin membuat orang terlena hingga tidak sadar memacu kecepatan tinggi atau justru membuat pengemudi mengantuk karena merasa bosan.

Garis kejut (rumble stripe) berfungsi sebagai pengingat atau penyadar bagi pengemudi yang terlena atau mengantuk. Ketika kondisi pengemudi mulai tidak fokus, maka garis kejut akan berperan sebagai peringatan agar kembali untuk konsentrasi berkendara.

Hasil pantauan mobilinanews pun diakui oleh salah seorang petugas PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pelaksana jalan tol tentang salah satu peranti safety itu.

“Kami akui belum adanya garis kejut karena jalan tol masih baru. Segera akan dilakukan pemasangan garis kejut terlebih setelah terjadi beberapa kejadian kecelakaan di beberapa titik. Targetnya sebelum arus mudik lebaran tiba, akan terpasang garis kejut di beberapa titik rawan tersebut,” papar sang petugas kepada mobilinanews.

Jika saja sampai tiba waktunya mudik lebaran garis kejut belum terpasang, ya tetap harus waspada. Ada tidaknya garis kejut tetap jangan membuat pengemudi terlena.kjut

Kehadiran garis kejut sangat diperlukan guna menjadi "penyadar" bagi pengemudi yang lengah

TERKINI
Semok, Layanan Servis Motor Keliling Melayani Lebih dari 1.000 Konsumen Motor Honda Selama Januari-April 2024. Wuling EV Jadi Official Car Partner Dalam 10th World Water Forum 2024 di Bali Human Error Masih Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Sepeda Motor di Indonesia, Suzuki Beri Tips Praktis Rem Motor untuk Hindari Bahaya Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern