Ganti Sil Master Rem Belakang Tocker Kembali

Selasa, 30/06/2015 12:54 WIB

mobilinanews.com(Jakarta)-Sistem pengereman kudu menggigit alias pakem. Kalo sampai gak ngerem. Waduh, bisa celaka dua belas, nih! Amit-amit, bro! Jangan sampai, deh! Makanya, kudu dicek tiap sebulan sekali.

Nah, kasus tersebut hampir terjadi sama Riyanto.“Pas injak rem belakang terasa blong alias gak ngerem, bro! Untungnya rem depan berfungsi dengan baik dan pakem. Padahal, kampas rem belakang masih tebal, loh,” ungkap pemilik Suzuki Satria F 150 keluaran 2009.

Untuk itu, pria ramah menyambangi bengkel langganannya, K22 Garage daerah Gandul, Depok, Jawa Barat. Karena yang gak berfungsi di rem belakang, Kahfi Wijaya, mekanik K22 Garage, tertuju pada master rem belakang.

tip

“Setelah di cek, ternyata sil stut master rem sudah getas dan berkarat. Itu bisa terjadi karena umur besutan yang sudah cukup lama, 3 tahun keatas atau besutan jarang dipakai. Mau gak mau peranti itu harus ganti baru,” papar pria humoris ini.

Untuk harga spare part tersebut masih terjangkau, yakni Rp 55 ribu (orisinal). Kalo dana cekak, bisa menebus non-orisinal alias KW kisaran harga Rp 33 ribu. Agar komponen itu awet dan tahan lama, baiknya gunakan yang asli SGP (Suzuki Genuine Part).

Bongkar! Sebelumnya tebus part SGP dan siapkan alat-alatnya. Yakni, tang klip, kunci ring 8, 10, 12, minyak rem dan slang putih. Sudah?

Nih, langkah bongkar pasangnya, bro!

 -   Pertama, lepaskan semua komponen master rem belakang dari dudukannya gunakan kunci ring 10 dan kuni ring            ring         12      buat membuka baut slang rem.

-   Lalu, keluarkan stut master rem dengan cara membuka kancing atau klip pake tang klip dan tarik keluar part tersebut.

-   Kalo sudah, bersihkan kotoran atau karat yang ada di master rem dengan bensin dan amplas. Eits, gosoknya pelan-pelan ya, bro! Jangan sampai baret, bisa bocor minyak remnya.

-   Karena part SGP itu terpisah, maka kudu rakit dulu. Sil dan per ke stut yang baru. Saat memasukkannya diberikan pelumas atau grease, biar gampang, bro! Sreset!

-   Setelah semua bersih dan dipasang seperti semula, dilanjutkan isi minyak rem yang baru.

-   Lalu, pompa pedal rem belakang sampai terasa keras atau ngerem. Untuk buang angina, bantuannya kunci ring 8 dan slang putih dengan cara menahan pedal rem setelah dipompa.

-    

Lebih lengkap silakan hubungi K-22 Garage : 0812-88855538

Keyword :

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060