Retak, Fly Over Cengkareng Ditutup Total & 3 Januari Diprediksi Rampung

Minggu, 30/12/2018 04:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Ditjen Bina Marga saat ini tengah melakukan perbaikan flyover Cengkareng B di ruas Jalan Nasional (Non Tol) Lingkar Barat, Jakarta Barat.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pemeliharaan berkala yang sudah terjadwal. 

Dalam keterangannya, perbaikan fly over akan rampung pada 3 Januari 2019. Artinya ada waktu sepekan untuk perbaikan flyover Cengkareng ini.

Selama masa perbaikan, flyover yang dibangun tahun 2008 dan selesai tahun 2009 dengan konstruksi beton prategang (box girder continuous) dengan panjang bentang 560 meter penuh. 

Untuk kelancaran lalu lintas, akan diberlakukan satu arah dengan 2 lajur, yaitu dari Kembangan menuju Kamal-Cengkareng. Sementara 2 lajur flyover Cengkareng A dari arah Kamal menuju Kembangan tetap dapat dilintasi secara normal.

Diinformasikan, perbaikan yang dilakukan mencakup penggantian perletakan atau landasan (pot bearing), sambungan siar muai (expansion joint) pada pilar 4 dan pilar 11 dari keseluruhan 14 pilar. 

Selama proses perbaikan, dilakukan dengan mengutamakan aspek Keamanan Keselamatan Kerja (K3) baik kepada para pekerja maupun lingkungan sekitar, terlebih ruas jalan tersebut merupakan jalan perkotaan dengan lalu lintas padat. 

Adapun beberapa upaya yang dilakukan selama masa perbaikan ini adalah pemasangan median concrete barrier (MCB), penerangan lampu, pemasangan jaring pengaman serta menyiagakan personil untuk membantu pengalihan arus lalu lintas ke jalan alternatif.

Untuk hal ini dikoordinasikan Korps Polisi Lalu Lintas Kantor Walikota Jakarta Barat, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Badan Pengatur transportasi Jabodetabek (BPTJ). (hilary)

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!