Kaleidoskop 2018: Puluhan Mobil Baru Diluncurkan di Indonesia (Bagian 2 - habis)

Senin, 31/12/2018 10:32 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Tahun 2018 telah dilewati dan banyak meninggalkan kesan mendalam di industri otomotif nasional.

Dimana target penjualan mobil nasional secara keseluruhan yang dipatok sebanyak 1,1 juta unit diyakini tercapai sampai hari terakhir 2018 ini.

Kilas balik mulai semester pertama dan kedua, terhitung puluhan mobil baru sudah diperkenalkan dan diluncurkan di Indonesia.

Baik yang statusnya hanya penyegaran alias minor changed hingga yang berwujud full model changed (FMC) atau regenerasi dan berubah total.

Perwakilan pabrikan Jepang berlanjut, Mazda secara bersamaan meluncurkan model paling baru dari CX-5 dan CX-9. Ada juga Daihatsu yang meneruskan generasi ketiga Sirion. 

Tidak ketinggalan Nissan yang mulai memperkenalkan Terra untuk bertarung di segmen SUV Ladder Frame bermesin diesel.

Mitsubishi memang tidak mengeluarkan varian yang baru sama sekali. Namun di 2018 ini jadi momen manis pabrikan berlogo tiga berlian ini mendulang penjualan Xpander.

Sepanjang 2018, Mitsubishi meluncurkan varian baru dari Pajero Sport, diantaranya edisi Rockfort Fosgate dan Triton Athlete. 

Xpander juga mendapatkan dua varian baru untuk melengkapi pilihan konsumen di segmen Low MPV, yakni Sport M/T dan GLS A/T.

Paling mengejutkan datang dari pabrikan asal Tiongkok, yakni Wuling yang memanfaatkan 2018 sebagai ajang pembuktian keseriusan mereka di Indonesia.

Selama 2018, Wuling meluncurkan dua model baru yakni MPV Cortez yang menawarkan dua varian berdasarkan kapasitas mesin, 1.800 cc dan 1.500 cc.

Lalu di semester dua Wuling kembali meluncurkan MPV baru, namun untuk kelas komersial ringan. Formo ditawarkan dalam kemasan bodi blind van dan minibus.

Pabrikan Tiongkok lain yakni DFSK yang secara resmi di 2018 ini meluncur kan City SUV 7 Seater Glory 580 secara besar-besaran. 

Apakah momentum ini dapat terulang di 2019? Bisa jadi, karena sejumlah pabrikan tengah menyiapkan model unggulannya. (anto)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!