Ketika Toyota Hardtop Padang Menikmati Infrastruktur Kawasan Mandeh

Minggu, 20/01/2019 13:27 WIB

mobilinanews (Padang) - Meski baru berusia dua bulan, namun kegiatan komunitas Toyota Hardtop Padang (THP) di Sumatera Barat terus bergulir.

Jika bulan lalu Bukittinggi jadi destinasi, kali ini Kawasan Wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan menjadi sasaran.

Sebanyak 20 unit kendaraan Toyota Land Cruiser tipe FJ40 dan BJ40 berkumpul di Sekretariat THP pada Sabtu (19/1/19) pagi. Markas THP yang berada di Simpang Karya, Pondok Padang itu menjadi titik start kegiatan bertitel Tour to Mandeh 2019.

40 peserta terlihat antusias mengawali keberangkatan. Pasalnya, Kawasan Mandeh yang pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo merupakan objek wisata paling eksotik saat ini di Ranah Minang.

"Tak hanya alamnya yang indah, jalan menuju kesana menjadi tantangan tersendiri bagi owner hardtop menguji ketangguhan kendaraannya," buka Kombes Margiyanta selaku Ketua Toyota Hardtop Padang.

Nah, sejak jalan menuju Kawasan Mandeh tuntas dikerjakan, semakin banyak masyarakat menuju ke objek wisata yang disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Sumatera Barat tersebut.

Tak salah jika Pemerintah Indonesia menjadikan Kawasan Mandeh sebagai objek wisata andalan di kemudian hari.

Agar seru, ditetapkan rute perjalanan berbeda tanpa harus berbalik arah.

"Kita mulai dari Bungus masuk ke Sungai Pisang dan istirahat makan siang di pantai Sungai Nyalo. Lalu naik ke Puncak Mandeh dan keluar di Tarusan lanjut ke perbatasan Pesisir Selatan dan Padang," beber Kompol Hamidi sebagai Tour Leader.

Tour Leader juga memberikan tips cara memakai dan memainkan tuas four wheel drive sebelum berangkat. Ternyata benar juga sebagai ajang test drive. Saat di tanjakan terjal, jadi ketahuan kendaraan yang punya masalah.

"Ada trouble panas di rem belakang," sebut H. Edi Yurdinal yang mengendarai kendaraan lansiran '83.

Problem lain yang dialami biasanya mesin over heat. "Jalannya memang berat. Makanya kita buat jeda tiga kali bergenti sesuai dengan objek wisata yang dikunjungi," terang Margiyanta yang mengoleksi 3 unit hardtop.

Uniknya, kegiatan touring kali ini sekaligus dijadikan sebagai deklarasi dukungan buat Pilpres 2019. Terlihat saat sesi foto bersama dengan meneriakkan yel-yel hardtop dan dukungan buat Jokowi menjadi Presiden RI kedua kalinya.

Yaps! Agenda THP berikutnya bulan Februari mendatang. Diperoleh informasi, touring ke Pekanbaru dan Duri memenuhi undangan komunitas Land Cruiser yang ada di Riau.

Siplah! (bangve)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas