Pengemudi Muda Lebih Cepat Memahami Emoji TPMS di Mobil

Minggu, 03/02/2019 18:20 WIB

mobilinanews (Akron) - Penelitian yang dilakukan oleh Goodyear Auto Service and Just Tires, di Amerika pada Oktober 2018 lalu menunjukkan pengemudi muda lebih cepat memahami emoji pada TPMS di mobil.

Pengemudi usia muda yang didominasi oleh milenial dan Gen Z, 1,5 kali lebih mudah memahami emoji populer secara benar dibandingkan harus memahami simbol peringatan yang menyala dari sistem monitoring tekanan angin ban (Tire Pressure Monitoring Sistem / TPMS). 

Goodyear melihat bahwa kurangnya kesadaran pengemudi dalam mengenali simbol TPMS ini banyak menyebabkan terjadinya kerusakan ban dan memicu sejumlah kejadian kecelakaan.

Penelitian terhadap 1.000 orang pengemudi di Amerika ini mendapat kenyataan bahwa 49% dari total pengemudi usia muda dan 39% dari total keseluruhan pengemudi masih kesulitan mengenali simbol peringataan TPMS dan apa yang harus dilakukan ketika simbol itu menyala. 

TPMS merupakan sebuah sistem elektronik yang dirancang untuk mengawasi tekanan angin pada ban kendaraan. Sehingga memudahkan pengemudi untuk dapat mengetahui kondisi ban mobil mereka secara benar.

Ada beberapa kemungkinan penyebab tanda TPMS pada mobil menyala antara lain karena terjadinya kebocoran ban, kerusakan pada velg ataupun adanya perubahan suhu yang ekstrim karena cuaca. 

Tekanan angin yang tidak sesuai pada saat mobil berjalan juga dapat menyebabkan keausan telapak ban yang tidak merata, bensin yang boros serta buruknya pengendalian kendaraan.

Dari penelitian ini juga ditemukan bahwa kebanyakan pengemudi yang menjadi responden tidak mengambil tindakan pencegahan untuk kendaraan mereka dalam menghadapi perubahan cuaca. 

37% responden kenyataannya baru mengambil tindakan pencegahan selanjutnya saat kendaraan mereka sudah mengalami masalah. (anto)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan