Presdir TMMIN : Pasokan Aluminium Lokal Dari INALUM Membantu Industri Otomotif

Minggu, 17/02/2019 17:12 WIB

mobilinanews (Kuala Tanjung) - Dengan adanya pasokan Aluminium Foundry Alloy dari INALUM, impor Aluminium Foundry Alloy di sektor industri otomotif dapat dikurangi secara bertahap.

“Sehingga memberi dampak positif berupa potensi penghematan devisa sebesar USD 1,3 juta per tahun di tahap awal. Karena pasokan Aluminium Foundry Alloy bisa terserap oleh kendaraan bermerek Toyota produksi TMMIN,” ujar Andang Warih Tjahjono, Presdir PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Andang menyampaikan itu pada penandatanganan nota kesepahaman antara INALUM dan TMMIN dalam memasok aluminium lokal untuk industry otomotif di Kuala Tanjung, Sumatera Utara, Kamis (14/2/2019).

Acara tersebut dihadiri Dirut INALUM Budi G Sadikin, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Presdir PT TMMIN Andang Warih Tjahjono hingga Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Selain itu, dengan kemampuan INALUM dalam memproduksi Aluminium Foundry Alloy untuk velg yang didukung dengan kapasitas produksi sebesar 90 ribu ton per tahun, dapat membuka peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi pemain aktif.

Sebagai pemasok bahan baku komponen otomotif di tingkat global yang saat ini didominasi oleh 3 pemain utama yang bermarkas di Dubai, Qatar dan Australia. 

TMMIN, terang Warih,  mendukung dan menyambut baik upaya INALUM dalam melokalkan ingot untuk velg kendaraan.

"Keberhasilan INALUM ini akan memberikan dampak yang besar bagi penguatan struktur industri otomotif nasional, tahan banting terhadap fluktuasi nilai tukar rupiah dan juga mempercepat tercapainya Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) murni produk otomotif Indonesia yang semakin tinggi,” terang Warih.

Di tahap awal, INALUM akan memasok kebutuhan Aluminium Foundry Alloy di PAKO yang kemudian akan dipergunakan bagi produksi velg kendaraan bermerek Toyota model Kijang Innova, Fortuner dan Sienta.

Pasokan Aluminium Foundry Alloy akan terus ditambah secara bertahap seiring dengan kemampuan INALUM dalam memasok alloy yang sejalan dengan rencana pengembangan kapasitas produksi secara berkelanjutan. (bs)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas