Kenapa Penggunaan GPS Dilarang, Ini Penjelasannya

Minggu, 24/02/2019 16:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Wacana terkait pelarangan penggunaan GPS untuk pengendara motor akhir-akhir ini ramai menjadi perbincangan.

Di satu sisi banyak orang yang masih membutuhkan GPS sebagai panduan agar tidak salah jalan, namuun disisi lain ketergantungan pada GPS saat berkendara juga berpotensi membuat celaka.

Ipung Purnomo selaku Direktur Keselamatan Berlalu Lintas IMI (Ikatan Motor Indonesia) Pusat ikut angkat bicara soal pelarangan GPS ini.

Secara pribadi, Ipung mendukung kebijakan pelarangan penggunaan GPS bagi pengendara motor.

Penggunaan GPS di sepeda motor itu kan memang mengganggu pandangan dan mengganggu konsentrasi. Sibuk lihat GPS sehingga kita tidak melihat situasi di jalan seperti apa.

"Kalau untuk kebutuhan touring misalnya, sebaiknya survey dulu, sehingga sudah tahu jalur yang mau dilintasi, serta tahu jalur alternatifnya," ujar Kombes Ipung Purnomo saat ditemui di acara Diskusi Safety Riding yang diselenggarakan Mobilinanews & IRC tire Minggu (24/2) di Balai Sarwono, Jakarta Selatan.

Ipung menganjurkan bagi pengendara yang tetap butuh GPS sebaiknya memakai helm bluetooth yang terkoneksi ke smartphone sehingga masih bisa dapat panduan arah.

Namun permasalahannya tidak semua masyarakat mampu membeli helm teknologi bluetooth yang memang terbilang mahal.

Lalu apa jalan keluarnya?

"Kalau umpamanya memang mereka berkendara sehari-hari di perkotaan seperti Jakarta kan tidak seharusnya selalu tergantung GPS. Intinya harus hafal jalan. Menurut saya itu hanya masalah waktu kok, masa tiap hari terus-terusan pakai GPS. Pasti perlahan-lahan mereka tahu dan hafal jalan," ungkap Ipung.

"Begitupun untuk ojek online seharusnya mereka sudah tahu jalan. Kalaupun mau lihat maps nya sebaiknya menepi jangan sambil jalan melototin HP," tutup Ipung. (adr)

TERKINI
MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060 PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka